Dari sini saja banyak orang yang gagal. Tidak jelasnya suatu visi
membuat kita tidak tahu apa yang harus kita lakukan untuk mencapainya
dan jalan mana yang harus kita tempuh dalam hidup. Sehingga kita seperti
terombang-ambing dalam kehidupan.
'Jelas' berarti rinci, sederhana, dan mudah dipengaruhi. Barometernya
adala jika Anda bisa menjelaskan tujuan anda kepada anak usia 5 tahun,
dan mereka bisa mengerti dengan mudah, itulah kejelasan. Kenapa kok
harus anak kecil? Ya karena pikiran bawah sadar bekerja seperti anak
kecil.
Semakin mudah dan sederhana kalimat tujuan anda, semakin mudah pikiran
bawah sadar untuk menangkapnya. Dan dengan begitu ia akan mencari
cara-cara yang juga sederhana dalam mewujudkannya.
Bagi saya, 'cerdas' bukan hanya mereka yang bisa mengerti hal-hal rumit.
Tapi menyederhanakan hal-hal rumit itu sehingga bisa dipahami orang
awam juga adalah kecerdasan. Einstein saja adalah salah satu orang yang
bekutat dengan hal-hal paling rumit dalam semesta sepanjang hidupnya.
Tapi meski begitu ia bisa menyederhanakan kerumitan itu, menjadi satu
rumus yang yang bisa dipahami oleh semua orang, E=mC2.
Einstein sendiri pernah berujar, "We have to make everything as
simple as possible, but not simpler."
Salah satu kunci kesuksesan seorang Brian Tracy adalah kejelasan dan
kesederhaannya dalam berpikir. Ia katakan bahwa solusi terbaik dari
apapun masalah kita, sebenarnya adalah yang paling sederhana. Yang
membutuhkan paling sedikit langkah untuk melakukannya.
Hanya saja kita terbiasa untuk berpikir rumit. Kita pikir masalah sulit
butuh solusi yang rumit. Padahal justu sebaliknya.
Contoh lagi, dalam bisnis. Jika Anda tidak jelas mengenai apa yang ingin
Anda jual kepada customer Anda, mengapa mereka harus membeli
dari Anda, dan apa untungnya bagi mereka.. mustahil mereka akan membeli
lagi dari Anda. 'Jelas' berarti kalimat yang paling sederhana, yang
mudah dipahami. Dan ini diakui oleh pakar periklanan manapun di dunia.
Jeff Woll dan Steve Lance dalam bukunya The Little Blue Book of
Advertising menggambarkan, jika iklan Anda bisa mengatasi masalah customer
dalam 1 atau 2 kata maka Anda akan lebih mudah menggaet mereka.
Misalnya, "Lapar? Call us!" Untuk lebih jelasnya Anda bisa baca
sendiri bukunya. Intinya adalah berikanlah penawaran yang paling
sederhana dan bermanfaat bagi customer anda.
Sukses untuk kita semua!
Be Simple, Be Strong!!
Sumber : andriewongso.com