Kritik, salah satu tindakan yang bisa menimbulkan perpecahan tetapi
juga bisa mengakibatkan orang kembali ke jalan yang lurus dan menjadi
persahabatan mereka bertambah erat. Kritik bisa dijadikan kontrol diri dalam
melakukan pekerjaan atau aktifitas, orang lain bisa menilai apa yang telah kita
lakukan, bila kita salah kita bisa melakukan perbaikan, koreksi atau kita
sempurnakan dan bila kita sudah benar kita bisa teruskan.
Sobatku,
seberapa sering kita mengkritik orang lain dan membuat orang lain merasa buruk.
Namun tidaklah hal itu menjadikan hubungan antarteman, kita dengan orang tua,
kita dengan orang lebih senior, muncul kerenggangan. Kondisi buruk terjadi jika
kritikan bersifat kritik negatif, sedang kritik positif yang bersifat membangun
cenderung membuat orang lain akan merasa lebih dekat dengan kita dan lebih
bersahabat.
Berikut
kami sampaikan tips-tips dalam meyampaikan kritikan ataupun menerima kritikan,
sebagai berikut :
Berikut
Tips Mengkritik :
1.
Lakukan ditempat khusus saat hanya ada
dua orang yang mengkritik dan yang dikritik. Jangan mengkritik di depan umum
sebab akan mempermalukan orang yang dikritik.
2.
Pilihlah kata-kata sopan, sebab setiap
kritik itu menyakitkan. Namun ada cara supaya terdengar santun, yaitu melalui
pilihan kata. Jangan sampai kasar, meggurai, bahkan jangan sampai terkesan
merendahkan orang lain. Tunjukkan bahwa kita ingin agar orang yang kita kritik
akan menjadi lebik baik, bukan ingin menyerang pribadinya atau membuatnya down.
3.
Sebelum mengkritik, lebih baik meminta
izin terlebih dahulu dan manfaat apa yang akan diperoleh jika perilaku berubah.
4.
Berikan alasan yang jelas. Jangan asal
mengkritik, namun dasari dengan fakta dan bukti-bukti yang akurat. Sebab jika
tidak akan menjadikan sebuah fitnah.
5.
Bila masalahnya sepele, tidak merugikan
siapapun, lebih baik tidak mengkritik. Misalnya orang yang mau kita kritik
memilki kekurangan dalam hal fisik, entah hidungnya pesek, rambutnya krewul,
badan tambun, dan lain-lain, tentu tidak usah mengkritik. Kondisi fisik ini
tidak akan bisa diubah.
6.
Jika
orang yang dikritik tidak terima, atau balas menyerang, sebaiknya kita bersikap
tenang, tidak usah menjadi marah. Kalau kita ykin benar, kita tidak usah
terpancing emosi. Kita bisa sampaikan, “Terserah kalau mau marah, tapi
itulah yang sebenarnya terjadi”.
Berikut
Tips dikritik :
1.
Bersikap terbuka dan santai. Janganlah
kita marah dulu, dengarkan apa yang dikatakan, siapa tahu itu benar.
2.
Bila kritikan itu benar, kita akui
saja. Mungkin berat melakukannya, tapi percayalah, hasilnya akan positif. Hal
ini membuat Anda lebih dihargai dan sportif.
Dengan
begitu semua orang bisa saling ingat mengingatkan, seperti kita ketahui saat
kita berada di tempat pelayanan umum, kita sering melihat ada kotak “saran
dan kritik”. Dengan adanya saran dan kritik yang masuk kepada kita itu
menunjukkan bahwa orang lain masih peduli dengan pekerjaan atau aktifitas kita.
Sehingga pelayanan atau hasil kerja kita bisa lebih menjadi maksimal lagi.
Oleh
: Ina Choeroyati
Sumber
: Majalah Mulia Edisi Rajab 1433H