blocknotinspire.blogspot.com berisi Kumpulan Business Ethics, Business Tips, Inspire Spirit, Leadership and Culture , Love and Life, Management HR, Motivasi Spirit, Smart Emotion, Success Story, Tips Keuangan, Tips Marketing dan Tips Sehat Semoga Bisa Menjadikan Anda lebih SUKSES dari hari kemarin.
Kunjungi Versi Mobile KLIK http://blocknotinspire.blogspot.com/?m=1 atau ( KLIK DISINI )

Mengatur Beban

Beban membuat kita terlatih dan menjadi kuat. Tetapi beban berlebih saat kita belum siap dapat membuat kita hancur, karena itu selalulah berlatih dan belajar.



Tingkat stress ditentukan oleh seberapa besar dan seberapa lama beban yang kita tanggung; karena itu beban perlu dikendalikan agar sesuai dengan daya tahan yang kita miliki, tidak boleh berlebih, tetapi juga jangan terlalu ringan.




Seperti saat berlatih beban fisik, maka beban yang kita angkat perlu disesuaikan dengan kemampuan fisik kita. Bila kita hanya mampu mengangkat 20 kg, ya jangan dikasih beban yang 50 kg, karena kita akan memaksa otot kita dan akibatnya mungkin menjadi cidera. Tetapi jangan juga menggunakan beban 15 kg untuk mengangkatnya, karena otot kita sudah terbiasa melakukannya. Tingkatkanlah beban kita sedikit di atas kemampuan rata-rata, misalnya antara 22 sampai 25 kg, sehingga kita mampu mengangkatnya dan melatih otot kita agar menjadi lebih kuat lagi. Bila nanti sudah terbiasa, barulah kita tingkatkanlah beban tersebut, demikian seterusnya.



Hal yang sama perlu kita lakukan dengan beban kehidupan; janganlah safety player saya yang hanya mencari aman, tetapi kita membutuhkan tantangan yang moderat dan dapat kita atasi dengan berusaha maksimal. Jangan pasang target terlalu tinggi, karena hal tersebut tidak beda dengan berjudi yang menyebabkan kita dapat hancur. Buat target moderat, latih dan belajar untuk mencapainya; setelah tercapai baru kita tingkatkan lagi.



Oleh : D. Agus Goenawan


Twitter Delicious Facebook Digg Favorites More