Apa yang membuat sebuah perusahaan atau sebuah bisnis lebih baik daripada kompetitornya atau menjadi terbaik didalam industri itu atau menjadi terkenal di masyarakat luas. Sebenarnya kalau kita pilah-pilah kompetitif evented atau keunggulan komparatif ada 3 hal yang perlu diperhatikan yaitu sebagai berikut :
- Aset yang terlihat atau fisik
Adalah aset yang dimiliki perusahaan yang berupa fisik seperti lokasi yang bagus dan gedung yang tinggi.
- Aset yang tidak terlihat
Yang termasuk aset perusahaan yang tidak terlihat misalkan brand, dan pengakuan konsumen.
- Kemampuan
kemampuan disini bisa dimisalkan seperti Toyota yang mampu membuat produk dengan sangat efesien , low cost dan high quality.
Maka kalau kita lihat selalu kompetitif dalam keunggulan komparatif ketika kita membandingkan diri kita dengan orang lain tidak akan lepas dari 3 hal tersebut diatas. Tujuannya adalah sama yaitu membuat hal, barang atau jasa yang lebih efesien, menciptakan bagaimana kita lebih murah tapi barangnya sama atau kita membuat lebih bagus dibandingkan orang lain. Hanya 2 hal ini saja yang selalu selalu dalam masyarakat kita dan kalau barang itu langka, barang itu dicari orang dan cocok untuk kebutuhan bisnis maka kita akan sukses besar.
Sebenarnya kita harus selalu mengevaluasi keseluruhan hal tersebut secara berkala dan berpikir tentang isu yang berkembang “sebenarnya kelebihan kita dibandingkan orang lain itu apa sih?” lalu “Apakah kita bisa mempertahankan kelebihan itu untuk jangka waktu yang panjang?” kalau tidak bisa berhati-hatilah karena kita harus memperbaiki diri segera.
Semoga Bermanfaat dan Salam Luas Biasa
Dirangkum oleh Mas sukrok (tim blocknotinspire) dari cd audio book Bisnis Wisdom by Bpk. Tanadi Santosa