Berusaha
memberikan kepuasan kepada para konsumennya menjadi salah satu tugas utama bagi
seorang pelaku usaha. Berhasil tidaknyabisnis yang mereka jalankan
bahkan ditentukan langsung oleh respon dari para pelanggan. Bila pelanggan
merasa senang dengan pelayanan yang diberikan pelaku usaha, maka tidak mustahil
mereka akan semakin loyal dengan bisnis tersebut. Dan begitu juga sebaliknya, bila
mereka tidak puas dengan pelayanan yang Anda berikan, maka jangan heran bila
mereka akan berbalik memberikan penilaian buruk terhadap bisnis Anda dan
tidak akan kembali menggunakan produk atau jasa Anda.
Karena
itulah, mengetahui kebutuhan konsumen dan menciptakan kepuasan pelanggan bisa
dibilang cukup penting untuk menjaga kelangsungan hiduppeluang usaha yang Anda jalankan. Lalu,
bagaimana caranya menciptakan kepuasan pelanggan?
Berikut
ini kami informasikan kepada para pembaca mengenai 8
rahasia sukses untuk menciptakan kepuasan pelanggan.
1. Produk
(barang atau jasa)
Poin
pertama yang mempengaruhi kepuasan pelanggan yaitu kualitas produk yang Anda
tawarkan. Baik produk berupa barang maupun jasa, sebisa mungkin berikan nilai
tambah pada produk Anda sehingga memiliki daya saing yang cukup kuat dan tidak
kalah bagus dengan produk lainnya yang ada di pasaran. Hal ini penting karena
semakin berkualitas produk yang Anda tawarkan, maka semakin kecil pula peluang
konsumen untuk berpaling ke produk lain.
2. Harga
produk
Tak bisa
dipungkiri lagi bila faktor harga selalu memegang peranan penting untuk menarik
perhatian konsumen. Selain kualitas produk yang terjaga, konsumen selalu
mempertimbangkan faktor harga sebelum akhirnya mereka memutuskan untuk membeli
produk atau jasa. Karena itulah, penting bagi Anda untuk menyesuaikan harga
produk yang ditawarkan dengan target pasar yang telah Anda tentukan. Bila
target pasar Anda kalangan masyarakat menengah ke bawah, maka tawarkan harga
yang cukup terjangkau. Namun bila target Anda adalah kaum menengah ke atas,
maka berikan produk yang paling berkualitas sesuai dengan mahalnya harga yang
telah Anda tawarkan.
3. Lokasi
Usaha
Selain
kualitas produk dan harga, lokasi usaha yang strategis dan mudahnya akses
kendaraan menuju lokasi usaha tersebut, memberikan kepuasan tersendiri bagi
para konsumen. Semakin strategis lokasi yang Anda miliki, maka akan semakin
mempermudah para pelanggan untuk mengunjungi bisnis yang Anda jalankan.
Sehingga tidak menutup kemungkinan bila para pelanggan akan sering mampir
membelanjakan uangnya ke tempat usaha Anda.
4. Strategi promosi
Kegiatan
promosi yang Anda jalankan menjadi salah satu daya tarik bagi para konsumen
untuk mengunjungi bisnis Anda sesering mungkin. Konsumen sangat senang dengan
penawaran khusus yang memberikan keuntungan besar bagi mereka, misalnya saja
seperti event potongan harga (diskon) pada hari-hari libur, atau
memberikan bonus khusus bagi para pelanggan yang melakukan transaksi pembelian
diatas nominal tertentu.
5. Kualitas
pelayanan yang diberikan
Mendapatkan
pelayanan prima tentunya menjadi dambaan setiap calon konsumen. Ibarat kata
“Pembeli adalah raja” mereka menginginkan pelayanan optimal atas harga yang
telah mereka bayarkan. Karenanya, penuhi kebutuhan konsumen Anda dan biarkan
loyalitas mereka mulai terbangun secara bertahap.
6. SDM
handal, ramah dan sopan
Setiap
pelanggan pastinya ingin dilayani oleh pegawai atau tenaga kerja yang
benar-benar handal, sopan dan juga ramah terhadap pelanggannya. Tak jarang
terjadi komplain dari para pelanggan apabila pelayanan yang diberikan pedagang
maupun tenaga kerjanya kurang memuaskan hati konsumen, karena itu biasakan
budaya 3S+1A (Senyum, Salam, Sapa dan Antusias) terhadap semua pelanggan yang
Anda hadapi.
7. Pelayanan
cepat dan Tepat
Nah,
disamping ingin dilayani oleh SDM yang berkualitas. Para
pelanggan juga menginginkan pelayanan yang cepat dan tepat. Mereka tidak suka
menunggu terlalu lama untuk produk atau jasa yang mereka butuhkan. Jadi, sebisa
mungkin perhatikan manajemen waktu yang paling tepat, agar tidak ada pelanggan
yang merasa terabaikan karena harus menunggu produk atau jasa dalam kurun waktu
yang cukup lama.
8. Bangun
kepercayaan pelanggan dengan bukti nyata
Ketika
Anda mempromosikan sebuah produk atau jasa kepada calon konsumen baru, bisa
dipastikan mereka tidak akan langsung percaya sebelum melihat atau merasakan
sendiri bukti nyata dari omongan Anda. Oleh sebab itu, berikan bukti kepada
para konsumen sebelum akhirnya mereka memberikan imbal balik bagi perusahaan
Anda. Bila produk atau jasa Anda berhasil memuaskan konsumen, maka konsumenpun
akan loyal dan tidak ragu untuk mempromosikannya kepada konsumen lainnya.
Semoga
informasi strategi pemasaran untuk pekan ini bisa
bermanfaat bagi para pembaca, penuhi kebutuhan konsumen Anda dan dapatkan
untung besar dari loyalitas yang mereka berikan terhadap bisnis Anda.
Sumber :
bisnisukm.com