Dalam
menjalankan sebuah bisnis, konsumen merupakan salah satu bukti suksesnya pemasaran
bisnisyang Anda jalankan. Semakin banyak konsumen yang tertarik dengan
produk Anda, menunjukan bahwa strategi pemasaran bisnis yang digunakan telah
berhasil. Dan begitu pula sebaliknya jika sebuah bisnis belum berhasil
memperoleh konsumen, berarti masih ada yang perlu dievaluasi dari strategi pemasaran digunakannya.
Salah
satu strategi yang dapat digunakan yaitu strategi
pemasaran bisnis melalui pendekatan konsumen. Dengan membangun hubungan
baik dengan para konsumen, dapat meningkatkan kepercayaan dan loyalitas
konsumen terhadap sebuah perusahaan.
Selain
itu sebuah perusahaan dapat memenangkan persaingan bisnis,
jika perusahaan tersebut mencoba menempatkan diri pada posisi konsumen dan
memberikan solusi pada masalah yang mereka hadapi, serta membantu konsumen
untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan. Dengan begitu akan terjalin
hubungan kerjasama dalam jangka panjang yang saling menguntungkan kedua belah
pihak, konsumen akan melihat Anda sebagai partner kerja sejati bukan hanya
sebagai produsen atau pemasok produk yang mereka butuhkan.
Untuk
menjalin hubungan kerjasama dalam jangka waktu panjang dengan para konsumen,
Anda harus mengetahui hal – hal yang disukai konsumen maupun hal – hal yang tidak
disukai konsumen. Berikut kami berikan informasinya :
Ketika
konsumen mempercayai sebuah perusahaan, maka mereka akan senang jika perusahaan
Anda membantu mereka dalam hal berikut :
1.
Membuka konsultasi bagi para konsumen yang memiliki masalah.
2.
Memberikan solusi di waktu yang tepat, dan disesuaikan dengan kondisi konsumen
3.
Meyakinkan konsumen bahwa mereka telah mengambil keputusan yang tepat
Namun ada
pula kebiasaan marketing yang tidak disukai oleh konsumen, antara lain sebagai
berikut :
1.
Marketing yang menggunakan metode penjualan terlalu agresif
2.
Terlalu menggurui konsumen, mengenai bagaimana seharusnya menjalankan bisnis
mereka
3.
Pemasaran yang tidak mendidik konsumen, hanya mengunggulkan kelebihan produk
tanpa menjelaskan mengapa produk tersebut dianggap lebih unggul.
Keputusan
konsumen untuk membeli suatu produk, didasarkan pada kepercayaan dan kebutuhan
mereka akan suatu produk. Oleh karena itu lakukan pendekatan dengan para
konsumen, bukan hanya sekedar membuat konsumen membeli produk dan melakukan
pembelian berulang namun buatlah konsumen membeli sebuah produk karena adanya
kesenangan dari diri mereka. Semoga informasi strategi pemasaran bisnis
melalui pendekatan konsumen dapat bermanfaat dan salam sukses.
Sumber :
bisnisukm.com