Promosi
produk merupakan salah satu bagian penting dari strategipemasaran
bisnis. Dengan adanya promosi produk, membantu para pelaku usaha untuk
menginformasikan hasil produksinya kepada pangsa pasar. Selain itupromosi produk,
juga membantu para pengusaha untuk meningkatkan angka penjualan produk guna
meraih omset yang mereka targetkan.
Berbagai
strategi digunakan para pengusaha untuk meningkatkan pemasaran produknya,
dari mulai menciptakan produk yang dibutuhkan konsumen, memberikan harga yang
sesuai dengan target pasar, memilih lokasi usahayang strategis, serta
melakukan kegiatan promosi yang mendukung peningkatan penjualan. Meskipun telah
melakukan berbagai kegiatan pemasaran, namun masih juga ada perusahaan yang
tidak berhasil menjalankan pemasaran produknya.
Sehingga strategi yang dipakai tidak mampu meningkatkan omset penjualan mereka.
Hal ini
mungkin saja terjadi, karena masih banyak perusahaan yang melakukan kesalahan
dalam strategi bisnisnya. Bisa jadi kualitas produknya yang bermasalah atau
bisa juga terdapat kesalahan dalam strategi pemasarannya. Kebanyakan pengusaha
hanya fokus pada caranya saja, namun jarang mengevaluasi strategi yang sudah
digunakan. Sehingga mereka tidak mengetahui kesalahan strategi pemasaran yang diterapkannya.
Untuk itu
agar usaha Anda tidak termasuk perusahaan yang melakukan kesalahan,apa saja
kesalahan dalam pemasaran produk berikut kami berikan informasi
mengenai yang sering dilakukan oleh para pelaku usaha.
Banyak
perusahaan yang mengharapkan pelanggannya datang sendiri, namun tidak memiliki
strategi pemasaran khusus yang mampu menarik minat konsumen. Pelaku bisnis
selalu berpikiran, bahwa produk yang berkualitas tanpa dipromosikanpun dapat
mendatangkan konsumen. Padahal sebagus apapun produk Anda, tidak akan diketahui
konsumen tanpa adanya pemasaran yang mendukung. Kualitas produk yang tidak
didukung promosi produk, hanya akan kalah bersaing dengan produk lain karena
banyak produk baru muncul dengan kualitas yang lebih bagus. Untuk itu ciptakan strategi
promosi yang unik, untuk menarik minat konsumen yang menjadi target
pasar Anda.
Tidak
berani menentukan target pasar yang lebih spesifik. Kebanyakan pelaku bisnis,
memilih memproduksi produk yang bisa diterima oleh semua orang, ini menjadi
kelebihan sekaligus kesalahan di bidang pemasaran. Kelebihannya Anda memiliki
sasaran pasar yang lebih luas, namun kekurangannya konsumen tidak mendapatkan
nilai lebih dari produk Anda. Sebaiknya jika Anda ingin menjangkau semua pasar,
ciptakan keunikan tersendiri untuk tiap segmen pasarnya. Sehingga produk Anda
tetap bisa memberikan nilai lebih bagi semua orang, dengan tetap memperhatikan
kebutuhan tiap segmen pasar yang berbeda. Misalnya : produsen susu yang
membedakan produknya sesuai target pasar yang dilihat dari usia konsumen.
Kesalahan
yang ketiga yaitu, kebanyakan tampilan kemasan produk lebih menekankan
keunggulan produk tersebut dibandingkan cara pemakaiannya.
Jadi
penjelasan yang diterima konsumen kurang lengkap, dan pemahaman konsumen
akan produk tersebut juga kurang. Maka tak heran jika konsumen kurang tertarik
dengan produk tersebut, karena konsumen memutuskan untuk membeli suatu produk
berdasarkan informasi yang dicantumkan pada kemasan produk tersebut.
Kurangnya
riset dan uji pasar, kesalahan melempar produknya ke pasaran tanpa melakukan
uji pasar terlebih dahulu sering dilakukan para pelaku usaha. Akibatnya Anda
tidak mengetahui apakah produk yang dilempar ke pasaran sudah sesuai dengan
kebutuhan pasar yang ada saat ini. Sebelum memasarkan sebuah produk, lebih baik
lakukan riset terlebih dahulu mengenai kebutuhan pasar sehingga produk yang
Anda tawarkan bisa sesuai dengan kebutuhan konsumen saat ini.
Ciptakan
inovasi baru dalam memasarkan produk Anda, jangan meniru pemasaran yang sudah
sering digunakan para pesaing. Lebih baik Anda menciptakan startegi promosi
baru, agar produk Anda tidak dinilai sebagai produk pasaran dan memiliki nilai
lebih dimata para konsumen. Hindari pula pemasaran dengan menjatuhkan produk
pesaing, karena akan membuat konsumen tidak yakin dengan kualitas produk Anda.
Masih
banyak pelaku bisnis yang kurang optimal dalam menjalankanstrategi
pemasaran, pemasaran masih dipandang sebagai beban perusahaan. Jadi sebisa
mungkin dana yang dikeluarkan tidak terlalu besar. Hal ini menjadi kesalahan
besar bagi perusahaan, karena semestinya biaya pemasaran juga dianggarkan
tersendiri sehingga kegiatannya pun juga bisa dilakukan secara optimal.
Bila pemasaran
bisnis telah berhasil menjaring pelanggan, biasanya perusahaan tersebut
cepat puas. Yang lebih parah lagi, banyak pelaku usaha yang sudah merasa puas
bila memperoleh banyak pelanggan baru. Sampai – sampai pelanggan yang lama
diabaikan dan hilang begitu saja, karena perusahaan terlalu fokus mencari
pelanggan baru. Sehingga pemasaran tidak bertambah luas, hanya berganti
pelanggan saja.
Selalu
ada pembelajaran besar dari setiap kesalahan, semoga informasi kesalahan dalam
menjalankan pemasaran
produk juga dapat memberikan pembelajaran besar bagi para pelaku
bisnis maupun para pemula yang sedang merencanakan peluang bisnis.
Sumber :
bisnisukm.com