blocknotinspire.blogspot.com berisi Kumpulan Business Ethics, Business Tips, Inspire Spirit, Leadership and Culture , Love and Life, Management HR, Motivasi Spirit, Smart Emotion, Success Story, Tips Keuangan, Tips Marketing dan Tips Sehat Semoga Bisa Menjadikan Anda lebih SUKSES dari hari kemarin.
Kunjungi Versi Mobile KLIK http://blocknotinspire.blogspot.com/?m=1 atau ( KLIK DISINI )

Senang Menyantap Makanan Lezat dan Berlemak?

Selera Anda yang mahal ini bukan hanya akan menguras dompet tetapi juga menikam di tempat yang betul-betul menyakitkan: persendian!  “Sebagian makanan lezat, berlemak, kaya sekali dengan purin, senyawa yang oleh tubuh Anda diubah menjadi asam urat. Padahal kelebihan asam urat dapat mengundang serangan gout,” kata Christopher M. Wise, M.D., profesor dan Virginia Commonwealth University Medical College of Virginia di Richmond. Apabila kata gout mengingatkan Anda pada sosok seorang kakek renta, bertampang cemberut, tambun, yang tak hentinya menyumpahi dunia sambil berjalan tertatihtatih dengan kakinya yang dibalut perban, menggunakan alat bantu berjalan, berarti Anda telah mendapatkan gambaran yang cukup tepat baik tentang kondisi maupun akibat penyakit ini.

Ada yang berpendapat bahwa gout dapat disetarakan dengan nyeri dalam proses melahirkan,” kata Jeffrey R. Lisse, M.D., kepala Bagian Reumatologi di University of Texas Medical Branch di Galveston. “Perbedaannya adalah penderitaan dalam proses melahirkan ada akhirnya sedangkan gout bisa menetap.” Gout adalah sejenis artritis yang menyerang saat udara dingin. Penyakit ini dapat erakibat buruk pada persendian tetapi sering dimulai dengan nyeri sangat menyiksa ada jempol kaki yang membuatnya bengkak, ngilu, dan memerah.
Gout dapat membuat Anda merasa tua dan pikun. Anda juga dapat menjadi lumpuh karenanya. Serangannya yang datang secara tiba-tiba bisa menyebabkan Anda tidak dapat bekerja selama berhari-hari dan bepergian menjadi sangat tidak nyaman.Apabila serangannya menjadi sering, sebagian persendian Anda bisa tidak berfungsi. Dan apabila keadaan ini dibiarkan berlanjut tanpa diobati, persendian Anda dapat menjadi cacat sepenuhnya. Kendati gout lebih banyak menyerang para lansia, Anda tidak harus menjadi lansia untuk terkapar karena hantamannya.
Walaupun kebanyakan pria mengalami serangan pertama mereka dalam usia empat puluhan, ada pula yang mengalaminya jauh sebelum itu. Gout tidak peduli dengan kelas sosial atau garis keturunan. "Semua pria yang terlalu banyak duduk tetapi banyak makan dan minum sehingga tekanan darah mereka terlalu tinggi merupakan sasaran utama serangan gout,” kata David Pisetsky, M.D., penasihat medis di Arthritis Foundation.
Penyebabnya Jelas Sekali * Mungkin saja jari-jari kaki Anda terasa nyeri secara tiba-tiba, tetapi umumnya proses telah dimulai bertahun-tahun sebelumnya. Dalam keadaan normal, tubuh Anda menghasilkan suatu bahan kimia yang disebut asam urat yang diekskresi melalui urin. Ada orang yang membuat produk limbah ini secara berlebihan atau mengalami kesulitan ketika membuangnya lewat urin. Akan tetapi produk itu harus pergi ke suatu tempat, dan tempat itu bisa kulit, ginjal (dalam bentuk batu) atau bagian tubuh lain.
Nah, bila lebihan asam urat ini sampai ke persendian, Anda harus waspada. “Ketika asam urat berkumpul dalam persendian, bahan ini membentuk kristal-kristal berbentuk panjang seperti jarum,” kata Christopher M. Wise, M.D., profesor bidang internal medicine di Virginia Commonwealth University Medical College of Virginia di Richmond.
Kristal-kristal ini membuat persendian terasa sakit dan memicu masalah-masalah yang ekstrem.” Salah satu penyebab meroketnya kadar asam urat adalah pola makan. Makanan tertentu -- khususnya yang berlemak-- banyak sekali mengandung purin, bahan kimia yang dalam darah berubah menjadi asam urat.
Pola makan saja mungkin tidak akan mengundang serangan gout. Akan tetapi, bila Anda cenderung mendapatkan gout, ada baiknya Anda membatasi asupan makanan yang banyak mengandung purin,” kata Dr. Wise.
Berikut ini bahan makanan yang harus diwaspadai:
Makanan dengan Kandungan Purin Sangat Tinggi (paling baik bila dihindari)
* Anchovies (ikan semacam herring)
* Bir
* Otak
* Telur Ikan
* Kaldu Daging
* Jantung
* Herring
* Ginjal
* Hati
* Remis
* Sardin
* Roti Manis
* Anggur
* Ragi.
Makanan dengan Kandungan Purin Cukup Tinggi (jangan lebih dan seporsi dalam sehari)
* Kacang merah kering dan kacang panjang
* Daging
* Ayam
* Makanan Laut, kerang.
Sumber : Kompas


Twitter Delicious Facebook Digg Favorites More