blocknotinspire.blogspot.com berisi Kumpulan Business Ethics, Business Tips, Inspire Spirit, Leadership and Culture , Love and Life, Management HR, Motivasi Spirit, Smart Emotion, Success Story, Tips Keuangan, Tips Marketing dan Tips Sehat Semoga Bisa Menjadikan Anda lebih SUKSES dari hari kemarin.
Kunjungi Versi Mobile KLIK http://blocknotinspire.blogspot.com/?m=1 atau ( KLIK DISINI )

Mengendalikan Pikiran

Lihat sekeliling, dengarkan suaranya, dan rasakan perasaan yang muncul. Lalu pikirkan apakah hal itu bermanfaat? Bila tidak, ubah atau buang semuanya. Bila ya, simpanlah!



Manusia memiliki panca indra untuk menangkap semua data dan informasi dari sekeliling kita, melihat dengan mata, mendengar dengan telinga, merasakan dengan kulit, mengecap dengan lidah, dan mencium dengan hidung. Semuanya lalu diproses oleh otak atau pikiran kita, sehingga menghasilkan suatu respon tertentu. Jadi respon tersebut bukan hasil dari panca indra tetapi dari pikiran kita, karena itu pikiran harus kita kendalikan agar dapat memberikan respons positif yang bermanfaat bagi kita sekalian.




Bila kita mendapat masukan tentang kondisi yang menakutkan dan mengkuatirkan, maka kita dapat menyuruh otak kita untuk membuang semua itu. Gantikanlah informasi yang negatif dan tidak berguna dengan informasi lain yang bermanfaat demi pengembangan diri kita.



Tetapi informasi yang bermanfaat dan berguna serta menguatkan kita tentu saja perlu kita simpan, misalnya memori waktu anda lulus ujian, waktu menikah, atau waktu mendapatkan anak pertama. Agar memori tentang hal itu menjadi lebih kuat maka kita perlu mengingat kembali hal tersebut, memutar kembali filmnya dalam memori kita, mendengarkan suara-suara dan merasakan kebanggan yang muncul, serta memperbesar gambaran, pendengaran, dan perasaan tersebut.



Jadi pada saat pikiran kita lagi loyo, takut, atau kuatir, maka putar kembali film yang bermanfaat ini dalam memori anda, sehingga menggantikan kesan negatif sebelumnya. Jangan biarkan perasaan mengendalikan diri kita tetapi kitalah yang mengendalikan perasaan yang muncul dalam diri kita.



Oleh : D. Agus Goenawan


Twitter Delicious Facebook Digg Favorites More