blocknotinspire.blogspot.com berisi Kumpulan Business Ethics, Business Tips, Inspire Spirit, Leadership and Culture , Love and Life, Management HR, Motivasi Spirit, Smart Emotion, Success Story, Tips Keuangan, Tips Marketing dan Tips Sehat Semoga Bisa Menjadikan Anda lebih SUKSES dari hari kemarin.
Kunjungi Versi Mobile KLIK http://blocknotinspire.blogspot.com/?m=1 atau ( KLIK DISINI )

Sutardja, Miliarder AS Asal Indonesia

Ketua Umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia, Erwin Aksa, merasa terinspirasi sejumlah pengusaha Indonesia yang berada di Amerika Serikat. Erwin menyebutkan bahwa salah satu pengusaha kelahiran Indonesia itu berhasil membangun imperium bisnis di AS hingga beromzet puluhan triliun rupiah.

"Kami tak menduga ternyata banyak warga Indonesia yang menjadi pengusaha di Amerika," kata Erwin Aksa di Jakarta, akhir pekan lalu.

Adalah Sehat Sutardja, pengusaha yang dimaksud itu. Dia merupakan salah satu pendiri Marvell Technology Group Ltd, perusahaan yang memproduksi semi konduktor di Lembah Silikon, California, Amerika Serikat. Posisinya saat ini menjadi presiden dan kepala eksekutif korporat (CEO) perusahaan itu.

Laki-laki kelahiran Jakarta 49 tahun silam ini dianggap sebagai salah satu pelopor zaman semikonduktor modern. Terobosannya telah banyak mengubah industri elektronik. Chip yang dulunya hanya menyimpan data, kini berubah menjadi chip berkinerja tinggi. Chip dengan daya rendah ini, tengah menguasai pasar global untuk perangkat komputasi mobile dan perangkat komunikasi telepon.

Semangatnya di dunia elektronik dimulai sejak kecil. Pada usia 13, dia telah menjadi teknisi radio bersertifikat. Saat itu, dia juga telah berhasil merancang komponen dan sistem radio.

Semangat inovasi tiada henti, dia telah memberikan lebih dari 150 paten. Kini namanya telah tercatat sebagai anggota di Institut Insinyur Listrik dan Elektronik (IEEE), organisasi profesi nirlaba yang beranggotakan para ahli  telekomunikasi, jaringan komputer, kelistrikan, antariksa, dan elektronika. Pada 2006, Silicon Valley Intellectual Property Law Association mengakui Sutardja sebagai Inventor of the Year.

Sutardja telah menjadi penyokong standar efisiensi energi bagi barang-barang elektronik rumah tangga. Dia bahkan telah bekerja dengan pemerintah Amerika Serikat dan China untuk menetapkan standar kinerja efisiensi yang dapat menghasilkan penghematan biaya signifikan dan pengurangan karbon.

Sutardja mendapat Master of Science dan gelar PhD dalam bidang Teknik Elektro dan Ilmu Komputer dari University of California, Berkeley. Ia menerima gelar Bachelor of Science di bidang Electrical Engineering dari Iowa State.
Pada 2007, Forbes menempatkan dia sebagai orang terkaya dunia ke 891. Kekayaan dia saat itu sebesar US$1 miliar, atau sekitar Rp9 triliun.
Sumber : vivanews.com


Twitter Delicious Facebook Digg Favorites More