blocknotinspire.blogspot.com berisi Kumpulan Business Ethics, Business Tips, Inspire Spirit, Leadership and Culture , Love and Life, Management HR, Motivasi Spirit, Smart Emotion, Success Story, Tips Keuangan, Tips Marketing dan Tips Sehat Semoga Bisa Menjadikan Anda lebih SUKSES dari hari kemarin.
Kunjungi Versi Mobile KLIK http://blocknotinspire.blogspot.com/?m=1 atau ( KLIK DISINI )

Strategi Mendongkrak Penjualan Lewat Bazar

Strategi mendongkrak penjualan lewat bazar, sekarang ini menjadi solusi bagi pemasaran produk para UKM. Kegiatan ini terbukti cukup efektif, dan sangat membantu para pelaku usaha untuk mengenalkan produk serta meningkatkan penjualannya.
“Bak gayung bersambut”, besarnya minat para UKM untuk mengikuti bazar juga didukung dengan senang hati oleh para event organizer yang sudah sering mengadakan bazar. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya kegiatan bazar yang sering diadakan di pusat perbelanjaan, perkantoran, mall, serta tempat umum lainnya yang harga sewanya relative terjangkau oleh para UKM.
Walaupun bisa dibilang kegiatan bazar waktunya relatif singkat (kurang lebih 1-7 hari), namun jika dioptimalkan dengan baik maka bisa diperoleh konsumen-konsumen yang cukup berpotensi menjadi pelanggan tetap Anda. Bahkan dengan mengikuti bazar, tidak menutup kemungkinan pelaku usaha kecil menengah bisa memperluas jaringan pemasaran, misalnya saja ada pengunjung bazar yang tertarik menjadi reseller produk.

Nah bagi Anda yang tertarik untuk mengikuti bazar, berikut ini ada beberapa kiat sukses yang bisa Anda perhatikan :
1. Cari informasi bazar sebanyak-banyaknya
Sebelumnya, cari informasi mengenai kegiatan bazar yang akan diadakan dalam waktu dekat di kota Anda. Untuk mencari informasi bazar, bisa menghubungi langsung Dinas Perindustrian dan Perdagangan, koperasi, forum UKM, yang ada di kota Anda. Selain cara tersebut, Anda juga bisa mencari informasi bazar melalui internet. Karena saat ini sudah banyak situs di internet yang menginformasikan kegiatan bazar di masing-masing kota.
2. Sesuaikan tema bazar dengan produk Anda.
Yang perlu ditekankan dalam memilih bazar adalah, sesuaikan bazar yang akan Anda ikuti dengan produk yang Anda tawarkan. Hal ini dilakukan agar produk Anda sampai pada target pasar yang telah ditentukan. Sehingga dagangan Anda laris manis diserbu pasar.
3. Lakukan survey lokasi
Lokasi bazar sangat penting bagi penjualan. Sebaiknya jangan asal-asalan dalam memilih penawaran bazar, karena bazar di tempat yang sepi pengunjung kemungkinan besar hanya akan merugikan Anda. Selain itu pilih lokasi stand yang mudah dijangkau oleh konsumen, sehingga peluang pasarnya juga lebih besar. Pertimbangkan pula dana yang Anda miliki dengan biaya sewa stand. Sebab setiap lokasi memiliki harga yang berbeda, semakin stretegis lokasinya maka semakin mahal juga harga sewanya.
4. Cari penyelenggara yang berpengalaman
Jangan sembarangan menjalin kerjasama dengan penyelenggara bazar, cari event organizer yang sudah berpengalaman dan memiliki strategi promosi cukup bagus. Sehingga kegiatan bazar yang Anda ikuti dikunjungi banyak pengunjung.
5. Siapkan peralatan dan perlengkapan selama bazar
Meskipun penyelenggara bazar sudah memberikan fasilitas selama mengikuti bazar, namun banyak peralatan dan perlengkapan pendukung yang harus Anda siapkan sendiri. Misalnya saja kartu nama, media promosi (brosur, pamflet, baner, dll), buku tamu, meja dan kursi, aneka hiasan stand, alat tulis, serta kantong plastik.
Terakhir, setelah bazar selesai. Kumpulkan semua data pengunjung yang dicatat dalam buku tamu, dari sanalah Anda bisa menjaring para pengunjung menjadi pelanggan setia produk Anda. Demikian sedikit kiat sukses mengikuti bazar yang bisa Anda coba, selamat mengikuti bazar dan salam sukses.

Sumber : bisnisukm.com


Twitter Delicious Facebook Digg Favorites More