blocknotinspire.blogspot.com berisi Kumpulan Business Ethics, Business Tips, Inspire Spirit, Leadership and Culture , Love and Life, Management HR, Motivasi Spirit, Smart Emotion, Success Story, Tips Keuangan, Tips Marketing dan Tips Sehat Semoga Bisa Menjadikan Anda lebih SUKSES dari hari kemarin.
Kunjungi Versi Mobile KLIK http://blocknotinspire.blogspot.com/?m=1 atau ( KLIK DISINI )

"Word of Mouth Marketing" Efektif Bangun Kredibilitas Brand

Tahukah Anda, bahwa 89% konsumen Indonesia lebih mempercayai rekomendasi dari teman dan keluarga pada saat memutuskan untuk membeli sebuah produk. Hal tersebut terungkap dalam penelitian yang dilakukan Onbee Marketing Research (anak perusahaan Octovate Consulting Group) bekerjasama dengan Majalah SWA kepada 2000 konsumen di lima kota besar Indonesia. 

Sementara itu, iklan hanya menempati peringkat ke-lima sebagai sumber referensi yang dipercaya oleh konsumen. Hasil penelitian yang dilakukan oleh Onbee Marketing Research juga menunjukkan bahwa rata-rata konsumen Indonesia akan menceritakan hal-hal positif tentang sebuah merek kepada tujuh orang. Sementara hal-hal negatif diceritakan kepada 11 orang. Selain itu, hasil riset juga menunjukkan bahwa sebuah brand memerlukan enam rekomendasi positif untuk menetralisir hanya satu pemberitaan negatif dari seorang konsumen.

Sikap konsumen ini menunjukkan bahwa program word of mouth marketing yang efektif di Indonesia akan cepat membangun kredibilitas sebuah brand, yang berhujung pada rekomendasi brand tersebut oleh satu konsumen ke konsumen lainnya.
“Ditengah tekanan krisis yang melanda berbagai belahan dunia termasuk Indonesia, pemasar memang dituntut untuk jauh lebih kreatif meyakinkan konsumen dengan anggaran yang terbatas. Oleh karena kultur masyarakat Indonesia yang sering berdiskusi dengan teman maupun kerabat, maka word of mouth marketing sangat berperan dalam membangun kredibilitas dan kepercayaan konsumen pada sebuah brand, sehingga mereka akan merekomendasikannya,” ungkap Sumardy, Head of Consultant Onbee Marketing Research.
Penelitian dari Onbee menggunakan konsep mutakhir Word of Mouth Marketing (WOMM).

WOMM adalah sebuah strategi pemasaran untuk membuat pelanggan kita membicarakan (do the TAlking), mempromosikan (do the Promotion) dan menjual (do the Selling) yang disingkat menjadi TAPS (Talking, Promoting dan Selling) yang menjadi acuan dasar dari penelitian word of mouth marketing pertama di Indonesia.
Dari hasil penelitian ini, ditemukan 100 merek yang paling direkomendasikan oleh konsumen (most recommended brands) dari berbagai kategori seperti perlatan rumah tangga, elektronik, otomotif, makanan dan minuman, transportasi dan perawatan tubuh.
Termasuk dalam daftar brands dengan indikasi word of mouth tertinggi adalah: Ponds, Dove, Bango, Sunlight, Anlene, detik.com, dan BCA. Ini menunjukkan bahwa merek-merek tersebut memiliki peluang pertumbuhan yang tinggi di masa mendatang.
Berdasarkan beberapa penemuan hasil marketing research, saya melihat hal itu kurang diperhatikan oleh perusahaan kita, bahwa pengalaman tidak menyenangkan konsumen dengan pelayanan kita, sales serta proses pelayanan dan tretment before dan after sales yang seadanya akan dibangikan kepada 11 orang, sedangkan jika mereka merasa puas hanya akan membagikannnya kepada 11 orang saja.

Sumber : astaga.com


Twitter Delicious Facebook Digg Favorites More