blocknotinspire.blogspot.com berisi Kumpulan Business Ethics, Business Tips, Inspire Spirit, Leadership and Culture , Love and Life, Management HR, Motivasi Spirit, Smart Emotion, Success Story, Tips Keuangan, Tips Marketing dan Tips Sehat Semoga Bisa Menjadikan Anda lebih SUKSES dari hari kemarin.
Kunjungi Versi Mobile KLIK http://blocknotinspire.blogspot.com/?m=1 atau ( KLIK DISINI )

Mempersiapkan Dana Ramadhan dan Lebaran

Bulan Ramadhan segera akan tiba, bulan penuh rahmat dan pengampunan, kita wajib bersyukur bila kita masih diberikan kesempatan bertemu dengan bulan Ramadhan. Kesempatan yang diberikan harus dimanfaatkan seoptimal mungkin untuk beribadah. Baik beribadah dengan perbuatan, perkataan maupun harta kekayaan yang kita miliki.


Selain persiapan ruhiyah, secara financial juga harus disiapkan dalam menghadapi Ramadhan dan Idul Fitri. Pengeluaran kita saat bulan puasa dan menjelang lebaran cenderung meningkat dibandingkan hari lainnya. Oleh karenanya dibutuhkan perencanaan keuangan yang baik, sehingga anggaran kita tidak sampai “JEBOL”.

Berikut ini kiat merencanakan keuangan untuk kebutuhan Ramadhan dan saat menjelang lebaran :

Persiapkan dana Zakat, Infaq dan Sedekah
Ramadhan dan Idul Fitri adalah momen untuk berbagi, membersihakan harta dan menunaikan zakat, baik zakat fitrah maupun zakat maal, infaq dan sedekah. Mulailah menghitung zakat anda dan keluarga. Jika telah mencapai nisab (jumlah wajib zakat), maka persiapkan dana mulai sekarang untuk membayar zakat anda dan keluarga. Anda bisa menghitung apakah penghasilan anda telah terkena kewajiban zakat. Persiapkan pula dana untuk infaq dan sedekah di bulan Ramadhan.

Keinginan vs Kebutuhan
Konsumsi yang meningkat pada saat Ramadhan dan Idul Fitri adalah merupakan hal yang tidak bisa dihindari. Yang perlu diperhatikan adalah pengeluaran untuk konsumsi yang hanya berdasarkan keinginan dan bukan berdasarkan kebutuhan. Karena terkadang, justru pada saat Ramadhan dan Idul Fitri kita “kalah” oleh keinginan konsumsi atau berbelanja.

Buatlah Anggaran Untuk Hari Raya
Tuntutan gaya hidup untuk memilki sesuatu yang serba baru saat lebaran, terkadang memaksa kita untuk terus mengeluarkan uang. Oleh karena itu, sesuaikan antara pemasukan dengan pengeluaran sesuai prioritas. Jika memang harus berbelanja untuk kebutuhan lebaran, belanjalah mulai dari sekarang, karena harga-harga cenderung belum meningkat. Jika anda memiliki rencana mudik, persiapkan dana sejak sekarang, termasuk dana selama berada dikampung halaman. Perlu dipertimbangkan bahwa biaya transportasi untuk mudik seringkali naik pada saat lebaran.

Tetap menabung atau Investasi
Menurut para perencana keuangan, meskipun konsumsi pada saat Ramadhan dan Idul Fitri cenderung meningkat, tapi anda tetap harus menyisihkan sebagian dana untuk di tabung atau investasi, termasuk ketika anda menerima THR menimal sebesar 10%. Untuk menghindari berbagai “godaan” dalam berbelanja, sebaiknya sisihkan dana “didepan” sebelum digunakan untuk konsumsi atau berbelanja. Serta pindahkan dana anda ke rekening yang tidak memiliki ATM.

Beberapa kiat diatas, semoga bisa membantu dalam mempersiapkan dana untuk kebutuhan Ramadhan dan lebaran. Serta belajar untuk mengendalikan diri dalam konsumsi atau belanja yang berlebihan di bulan penuh berkah tersebut.

Di Rangkum dari beberapa sumber oleh Mas Sukrok


Twitter Delicious Facebook Digg Favorites More