blocknotinspire.blogspot.com berisi Kumpulan Business Ethics, Business Tips, Inspire Spirit, Leadership and Culture , Love and Life, Management HR, Motivasi Spirit, Smart Emotion, Success Story, Tips Keuangan, Tips Marketing dan Tips Sehat Semoga Bisa Menjadikan Anda lebih SUKSES dari hari kemarin.
Kunjungi Versi Mobile KLIK http://blocknotinspire.blogspot.com/?m=1 atau ( KLIK DISINI )

Motivasi yang Bertahan Lama

Kata ini tidak pernah habis-habisnya dibahas. Kata ini selalu menjadi bahan pembicaraan dalam dunia pengembangan diri: MOTIVASI. Motivasi adalah salah satu faktor yang ingin sekali dimiliki oleh semua orang yang mau meraih impian, cita-cita, tujuan atau target apa pun.
Semakin besar impian yang ingin diraih, semakin besar pula motivasi yang dibutuhkan. Semua orang juga tahu itu. Untuk itulah semua orang berlomba-lomba untuk mengetahui segala sesuatu yang berhubungan dengan motivasi.
 

Tapi banyak orang yang selalu mengeluhkan motivasi yang tidak bertahan lama. Mereka mengeluh bahwa motivasi yang dimiliki hanya cukup untuk beberapa hari saja, selanjutnya mereka menjadi tidak bersemangat dan loyo. Di satu hari mereka begitu bersemangat seolah dunia ini bisa ditaklukkan dengan mantap. Tapi di waktu berikutnya, semangat yang tadinya membara hilang begitu saja karena faktor tertentu.

Naik turunnya motivasi terjadi begitu saja tanpa bisa dikendalikan. Banyak orang ingin sekali punya motivasi yang senantiasa di puncak. Mereka tidak pernah mau sedetik pun merasa loyo. Tapi itu adalah keinginan yang 100% tidak mungkin.

Harga emas, saham, minyak dan kurs mata uang asing selalu naik turun setiap saat. Tidak mungkin stabil. Begitu pula dengan motivasi, kadang kita merasa semangat, kadang kala kita merasa tidak bersemangat. Itu adalah hal biasa. Coba lihat grafik aktivitas otak yang dipasang pada pasien yang kritis. Alat tersebut dinamakan Elektroenselofalograf (EEG) yang merekam aktivitas otak. Kalau Anda melihat grafik naik turun dengan suara tin…tin…tin, berarti pasien masih hidup. Tapi kalau grafiknya lurus dengan suara tiiiiiinnnnn panjang, berarti sudah tak bernyawa. Jadi, selagi kita masih hidup, naik turun itu adalah hal biasa.

Yang terpenting adalah kita harus tahu bagaimana caranya memotivasi diri selagi kita tidak bersemangat. Mengapa orang yang gagal bisa bangkit lagi? Jelas karena mereka mampu memotivasi dirinya untuk bangkit dan mencoba sekali lagi. Orang yang menyerah adalah orang yang tidak mampu lagi memotivasi dirinya untuk bangkit. Orang yang tidak punya motivasi cepat atau lambat pasti akan menyerah.

Saya yakin setiap orang pasti punya motivasi. Ketika kita sedang mengalami kondisi tidak bersemangat atau loyo, kita punya dua pilihan.

Pilihan pertama adalah kita tetap terpuruk dalam kondisi downPilihan kedua adalah memutuskan untuk bangkit kembali dengan cara menyalakan kembali motivasi yang hilang. Masalah terbesar yang sering kita hadapi adalah kita lebih suka memilih yang pertama karena itu pilihan mudah dan kita tidak tahu caranya memotivasi diri sendiri. Selain itu kita juga tidak tahu bagaimana caranya memiliki motivasi yang bertahan lama.

Untuk memiliki motivasi yang bertahan lama, Anda harus bisa memotivasi diri sendiri di saat Anda sedang down. Itulah rahasia memiliki motivasi yang tahan lama. Orang yang sukses bukannya manusia super yang tidak pernah down. Mereka sering down, tapi tidak berlarut-larut di dalamnya. Mereka segera bangkit dengan suntikan motivasi yang jauh lebih besar.

Orang gagal melakukan sebaliknya, mereka malah makin terpuruk ke dalam jurang kondisi down. Akibatnya mereka tidak mampu bangkit lagi dan menyerah kalah, dan akhirnya game over.

Lalu bagaimana caranya memiliki motivasi yang bertahan lama? Saya akan beberkan secara ringkas. Ada tiga tahap untuk memotivasi diri sendiri. Ini adalah rahasia motivasi secara ilmiah. Jadi semuanya bisa dijelaskan dengan bukti.

Tahap pertama adalah membangkitkan motivasi. Ini bisa dilakukan dengan cara mengelola energi dan emosi Anda. Tahap kedua adalah menyalurkan motivasi itu ke dalam bentuk tindakan. Motivasi yang tidak diubah menjadi tindakan akan menjadi motivasi kosong. Ini sering dialami oleh mereka yang hanya bersemangat, tapi tidak menghasilkan apa pun. Tahap ketiga adalah mempertahankan motivasi itu agar tidak cepat padam.

Jika Anda mampu melakukan ketiga tahap tadi, Anda sudah bisa memotivasi diri sendiri tanpa faktor luar apa pun karena pada dasarnya motivasi itu sudah ada di dalam, hanya perlu dinyalakan dan dibangkitkan.

__________________________________________________

Suhardi, M. Exp (Motivational Expert)
Mau tahu lebih detil ilmu motivasi secara ilmiah, silakan masuk ke http://www.suhardicamp.com/tomsoon.html

Sumber : andriewongsong.com


Twitter Delicious Facebook Digg Favorites More