blocknotinspire.blogspot.com berisi Kumpulan Business Ethics, Business Tips, Inspire Spirit, Leadership and Culture , Love and Life, Management HR, Motivasi Spirit, Smart Emotion, Success Story, Tips Keuangan, Tips Marketing dan Tips Sehat Semoga Bisa Menjadikan Anda lebih SUKSES dari hari kemarin.
Kunjungi Versi Mobile KLIK http://blocknotinspire.blogspot.com/?m=1 atau ( KLIK DISINI )

Mengatur Aliran Dana Gaji

Tingginya tingkat kebutuhan di kota metropolitan seperti Jakarta, Surabaya, Makasar dan kota besar lainnya. Terkadang penghasilan dari gaji setiap bulan tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan kita. Berapapun besarnya gaji, seolah tidak pernah cukup, boro-boro untuk menabung. Lalu apa yang harus dilakukan, setelah salary mengalir ke rekening anda ?


1.      Pentingnya Perencanaan.
Membuat planing atau daftar pengeluaran yang secara rutin anda lakukan setiap bulannya, misalnya pembayaran telepon, air, kartu kredit dan sebagainya. Sehingga setelah semua sudah kita ketahui, tinggal kita jumlahkan semua pengeluaran selama sebulan. Jadi kita akan hafal pegeluaran rutin setiap bulannya.
2.      Sisihkan Sebagian Penghasilan.
Setiap kali anda mendapatkan penghasilan, sisihkan sekian % dari penghasilan. ( tergantung tingkat gaji; umumnya 30%, dengan rincian : 10% adalah tabungan yang sama sekali tidak boleh diambil atau khusus untuk ditabung dan 20% untuk simpanan jaga-jaga atau investasi, jadi jika diperlukan dalam situasi darurat yang 20% ini bisa diambil. Sesudah yang 30% ini ditabung, selanjutnya lupakan saja ), sisanya yang 70% harus cukup untuk anda, atau anggaplah gaji atau penghasilan anda cuma sebesar 70% dari gaji anda.
3.      Hindari Godaan.
Bagi mereka yang menyukai belanja tentunya hal ini dapat menguras pendapatan kitasecara besar, ada baiknya jika hanya mendahulukan barang yang kita butuhkan. Mungkin ini yang paling sulit dilakukan oleh para kaum wanita yang biasanya tergiur dengan diskon besar-besaran.
4.      Buat Perencanaan Keuangan dan Pertahankan.
Buatlah perencanaan keuangan untuk bulan dan tahun ke depan. Buatlah juga perhitungan pemasukan dan pengeluaran rata-rata per bulan anda. Kebiasaan buruk yang mungkin sering dimiliki oleh seseorang adalah hanya bisa membuat tapi tidak bisa mempertahankan dan merawatnya. Dan ingat, bahwa tingkat kebutuhan kita semakin hari semakin bertambah, walau hasil yang kita dapat belum tentu mengalami kenaikan. Maka ada baiknya jika setiap yang kita lakukan harus sesuai dengan perencanaan dan menggunakannya secara bijak.

Sumber : Elshita Edisi 6 / Juni 2010


Twitter Delicious Facebook Digg Favorites More