blocknotinspire.blogspot.com berisi Kumpulan Business Ethics, Business Tips, Inspire Spirit, Leadership and Culture , Love and Life, Management HR, Motivasi Spirit, Smart Emotion, Success Story, Tips Keuangan, Tips Marketing dan Tips Sehat Semoga Bisa Menjadikan Anda lebih SUKSES dari hari kemarin.
Kunjungi Versi Mobile KLIK http://blocknotinspire.blogspot.com/?m=1 atau ( KLIK DISINI )

Ada yang Bisa Saya Bantu?

Ada yang bisa saya bantu?" sepertinya sudah menjadi kata yang wajib diucapkan setiap pramuniaga toko untuk menyambut konsumen yang masuk ke tokonya. Repotnya, konsumen juga sudah memiliki jawaban standar yang seolah sudah menjadi jawaban wajib untuk pertanyaan ini: "Nggak, terima kasih. Saya hanya lihat-lihat saja," sekalipun mereka sebenarnya ingin membeli barang. Kenapa tanggapan mereka menjadi negatif seperti itu?

Dapat kita lihat bahwa pertanyaan "Ada yang bisa saya bantu?" bukanlah sebuah pertanyaan yang efektif, tapi malah dapat memancing tanggapan negatif dari konsumen. Jika Anda orang penjualan, saya sarankan, jangan memberikan pertanyaan standar itu kepada konsumen.
Ketika konsumen masuk ke toko Anda, alih-alih menyambutnya dengan pertanyaan "Ada yang bisa saya bantu?", lebih baik Anda mengucapkan selamat pagi, siang, atau malam dan memberi mereka pujian. Kalau dia membawa anak, sapalah anaknya dengan ramah. Dengan begitu, secara tidak sadar, Anda sudah semakin dekat dengan konsumen. Konsumen pun pada akhirnya tidak ragu-ragu lagi untuk meminta informasi mengenai produk Anda, produk baru, dan sebagainya. Jadi, tiga hal efektif untun menyambut konsumen Anda adalah: tersenyum, menyapa, dan memberikan pujian kepada mereka. Jauh lebih baik daripada sekadar "Ada yang bisa saya bantu?" yang sudah begitu umum dan rutin!
Hal ini sangat sederhana, tapi ampuh! Cobalah!
Oleh : James Gwee  


Twitter Delicious Facebook Digg Favorites More