blocknotinspire.blogspot.com berisi Kumpulan Business Ethics, Business Tips, Inspire Spirit, Leadership and Culture , Love and Life, Management HR, Motivasi Spirit, Smart Emotion, Success Story, Tips Keuangan, Tips Marketing dan Tips Sehat Semoga Bisa Menjadikan Anda lebih SUKSES dari hari kemarin.
Kunjungi Versi Mobile KLIK http://blocknotinspire.blogspot.com/?m=1 atau ( KLIK DISINI )

Berilah Konsumen Kejutan

Menangani komplain konsumen dan sekadar menyelesaikan masalahnya saja tidaklah cukup. Sejalan dengan perubahan lingkungan bisnis yang semakin dinamis, konsumen di masa sekarang adalah konsumen yang lebih “emosional”, dalam arti, konsumen yang membutuhkan lebih banyak sentuhan personal. Untuk itu, Anda mungkin dapat mulai berpikir untuk memberikan sesuatu yang ekstra kepada konsumen Anda setelah komplain dan masalahnya ditangani. Berilah konsumen Anda kejutan! 

Sangatlah disayangkan jika usaha keras Anda untuk menangani komplain konsumen, untuk meredakan kemarahannya, dan mencari solusi menguap begitu saja setelah si konsumen sudah cukup puas karena komplainnya ditanggapi. Lain halnya jika Anda memberi kejutan-kejutan kecil pada konsumen, seperti hadiah. Tidak usah hadiah yang mahal-mahal, barang-barang kecil saja seperti mug, gelas, atau pena. Anda dapat membungkus hadiah tersebut dengan manis dan menyisipkan kartu ucapan terima kasih di dalamnya. Hadiah kecil semacam itu pasti akan meninggalkan kesan mendalam di hati konsumen.
Jadi, setelah Anda menangani komplain konsumen dengan baik dan berhasil memberinya solusi, berilah kejutan pada konsumen Anda. Niscaya, Anda akan memiliki sederetan konsumen setia yang akan menceritakan kejutan yang diterimanya tersebut pada saudara, teman, atau siapa pun yang mereka temui.
Catatan :
Berikan hadiah hanya SETELAH konsumen menyetujui dan menerima solusi Anda. JANGAN memberi janji kepada konsumen Anda bahwa ia akan menerima hadiah jika menerima solusi Anda. Dengan kata lain, KONSUMEN HARUS TIDAK TAHU bahwa ia akan menerima hadiah jika menerima solusi yang Anda berikan.

Oleh : James Gwee


Twitter Delicious Facebook Digg Favorites More