blocknotinspire.blogspot.com berisi Kumpulan Business Ethics, Business Tips, Inspire Spirit, Leadership and Culture , Love and Life, Management HR, Motivasi Spirit, Smart Emotion, Success Story, Tips Keuangan, Tips Marketing dan Tips Sehat Semoga Bisa Menjadikan Anda lebih SUKSES dari hari kemarin.
Kunjungi Versi Mobile KLIK http://blocknotinspire.blogspot.com/?m=1 atau ( KLIK DISINI )

Pertahankan karier Anda

Selama ini, sudah banyak informasi mengenai tip-tip sukses dalam karier. Namun, masih banyak orang yang merasa mentok kariernya. Ternyata, ada banyak orang yang justru tanpa disadari, merusak kariernya sendiri. Dan, inilah hasil riset yang dimuat di dalam Harvard Business Review beberapa waktu silam.


Boris Groysberg dan Robin Abrahams dari Harvard Business School telah melakukan wawancara terhadap lebih dari 400 konsultan riset dan 500 eksekutif pimpinan divisi Sumber Daya Manusia (SDM) dari 15 perusahaan multinasional ternama. Dalam penelitian itu, mereka menemukan lima kesalahan dasar yang sering dilakukan oleh para pekerja. Berikut adalah kesalahan-kesalahan dasar yang perlu dihindari agar karier Anda tidak mandeg di tengah jalan:
  1. Tidak melakukan riset
Banyak orang yang memilih pindah ke kantor lain untuk mencari peluang menaikkan jabatan dan karier. Sayangnya, banyak orang pada saat akan berpindah ke kantor yang baru, jarang sekali melakukan riset tentang perusahaan di mana dia akan bekerja. Dalam hal ini, Groysberg yang berprofesi sebagai asisten profesor di Harvard, menganjurkan, kalau ingin pindah, lakukan seperti Anda sedang berinvestasi. “Bukankah kalau ingin berinvestasi ke pasar saham, Anda perlu melakukan uji kelayakan terhadap perusahaan yang Anda percayai?” tuturnya.
  1. Meninggalkan pekerjaan lama hanya karena alasan gaji
Pindah pekerjaan karena alasan kenaikan gaji adalah hal klasik yang banyak orang lakukan. Sayangnya, sering kali meski pendapatan naik, tak disertai dengan peningkatan kesuksesan seperti yang diharapkan. Sebab tak jarang, ada nilai-nilai penting yang justru hilang saat berpindah kerja, misalnya pertemanan dengan relasi lama. Karena itu, Anda harus berpikir ulang jika memang hanya gaji yang jadi alasan kepindahan.
  1. Terlalu percaya diri yang berlebihan
Memang, percaya diri karena merasa memiliki kemampuan lebih bagus untuk meningkatkan karier. Namun, jangan terjebak dalam kesombongan. Sebab, baik saat tetap di perusahaan lama atau pun mencari tempat baru, jika percaya diri digunakan dengan berlebihan, bisa jadi akan membuat Anda terperosok sendiri. Ingat, kompetisi sangat sengit. Bisa jadi, apa yang Anda kuasai hari ini, tanpa belajar dan belajar lagi, akan jadi “usang” dengan munculnya orang lain yang lebih maju dalam penguasaan materi atau teknologi yang lebih baru lagi.
  1. Berpikir jangka pendek
Banyak orang yang berpikiran pendek dalam hubungannya pada pekerjaan yang dijalani. Ada masalah sedikit mengeluh, ada kendala tertentu, langsung lari. Cobalah berpikir ulang tentang semua keputusan yang menyangkut karier Anda. Sebab, apa yang Anda putuskan hari ini, bisa jadi akan menentukan masa depan Anda selamanya.

Sumber : inspirasisehat.com


Twitter Delicious Facebook Digg Favorites More