blocknotinspire.blogspot.com berisi Kumpulan Business Ethics, Business Tips, Inspire Spirit, Leadership and Culture , Love and Life, Management HR, Motivasi Spirit, Smart Emotion, Success Story, Tips Keuangan, Tips Marketing dan Tips Sehat Semoga Bisa Menjadikan Anda lebih SUKSES dari hari kemarin.
Kunjungi Versi Mobile KLIK http://blocknotinspire.blogspot.com/?m=1 atau ( KLIK DISINI )

Direct Mail Membantu Pemasaran Anda Jika...

Selama satu bulan terakhir ini kira-kira berapa brosur, katalog, atau sejenisnya yang Anda terima atau dikirimkan kepada Anda? Bagaimana tanggapan Anda? Brosur dan katalog tersebut dibaca atau dibuang begitu saja? (bahkan sebelum Anda membaca informasi yang ada di dalamnya).


Atau mungkin justru sebaliknya,Anda menjadi tertarik dan kemudian membeli salah satu produknya? Sebagian orang mengatakan brosur, katalog, dan sebagainya merupakan salah satu sarana efektif untuk membantu meningkatkan pemasaran.

Namun, ada pula yang berpendapat sebaliknya, dianggap sebagai sesuatu yang tidak efektif karena hanya menghasilkan sedikit respons/penjualan. Maka akhirnya ada yang memilih untuk mengurangi anggaran direct mail dan kemudian fokus dengan beriklan di above the line saja, karena dianggap lebih banyak mendapat respons dan lebih efektif dibandingkan direct mail.

Efektif atau tidaknya strategi direct mail sebenarnya juga bergantung pada penawaran yang diberikan. Jika Anda hanya memberikan sekadar brosur, katalog, e-mail yang di dalamnya sekadar memberikan informasi, bisa jadi orang akan mengabaikannya.

Namun, jika Anda juga memberikan informasi plus penawaran superdahsyat “tak tertahankan”, direct mail Anda akan memiliki efektivitas yang lebih. Harus diingat pula untuk memberikan batas waktu penawarannya agar orang mau segera melakukan tindakan nyata (pembelian).

Sebagai pilar kelima dalam Marketing Revolution, direct mail juga akan efektif jika direncanakan, didesain dengan matang plus memberikan penawaran yang luar biasa menariknya. Adapun yang termasuk direct mail antara lain surat, faksimile, e-mail (surat elektronik), SMS, katalog, stiker nomor penting, dan sebagainya.

Direct mail sebenarnya merupakan salah satu cara efektif untuk menyentuh target market kita. Biasanya direct mail (yang dirancang dengan benar) akan lebih sampai ke target market yang tepat dan mendapatkan respons yang lebih optimal.

Untuk membuat direct mail kita lebih efektif, harus kita perhatikan beberapa hal berikut ini di antaranya: Database yang berkualitas merupakan salah satu kunci pentingnya. Bekerjasamalah dengan berbagai perusahaan yang memungkinkan Anda bisa mendapatkan target market yang tepat. Pastikan penawaran Anda harus sangat menjual. Setelah konsumen/calon konsumen memberikan respons, lakukan follow up dengan segera, baik dengan telepon, SMS, e-mail, maupun lainnya.

Saat ini sudah sangat banyak orang yang memiliki email (electronic mail) dan jika dirancang dengan tepat, e-mail pun bisa memberikan hasil yang efektif. Cara yang paling tradisional adalah mengirimkan email blast kepada banyak alamat email (yang sekarang sudah mulai dilarang) dan akan langsung disaring oleh komputer, masuk ke folder spam, yang biasanya jarang dibuka oleh pemilik e-mail.

Namun, ada cara yang lebih tepat yaitu dengan membuat blog, menulis artikel reviu, atau mengirimkan tips-tips rutin sehingga member yang pada akhirnya kita kirimi penawaran adalah orang-orang yang sudah mengenal kita. Ada beberapa tips sederhana dan penting tentang email tersebut:

1. Gunakan affiliate marketing yaitu orang yang sudah mempunyai member, biarkan orang tersebut mengirimkan penawaran dan memberikan bonus khusus dari yang bersangkutan sendiri (bisa juga dari kita, tetapi seolah-olah diberikan dari yang bersangkutan) kepada member-nya. Affiliate marketer kita ini tentu kita berikan bagi hasil.

2. Dipastikan agar subjek/judul/headline harus memiliki ultimate advantage, sensational offer, powerful promise, dan shocking. Efek ini kemungkinannya lebih tinggi bagi seseorang untuk mau membuka e-mail yang terkirim dan kemudian mau membaca penawaran yang diberikan.

3. Berikan penawaran yang sangat menarik dan bisa dipercaya untuk yang mau segera take action.

4. Berikan batas waktu serta selalu dilakukan tes dan ukur. Sementara jika Anda ingin membuat katalog, harus juga diperhatikan bahwa biasanya salah satu kelemahan mengapa orang tidak membeli produk dari katalog adalah barang yang dibeli ternyata tidak cocok/tidak sesuai harapan. Maka cara yang paling ampuh, berikan 100 persen money back guarantee.

Adapun beberapa tips untuk katalog agar lebih efektif yakni:
1. Tunjukkan bahwa Anda bisa dipercaya antara lain dengan testimoni dari publik figur.
2. Berikan banyak bonus, diskon, paket untuk pembelian sekaligus banyak.
3. Berikan form order yang mudah diisi.
4. Berikan bonus spesial untuk orang yang take action dengan cepat.

TUNG DESEM WARINGIN
Pelatih Sukses No. 1 Indonesia follow Twitter : twitter.com/tungdw &

STEPHANUS P HARDJANTO
(TDW Senior Coach Partner) follow Facebook: Stephanus_PH@yahoo.com
(//ade)
Sumber : okezone.com


Twitter Delicious Facebook Digg Favorites More