blocknotinspire.blogspot.com berisi Kumpulan Business Ethics, Business Tips, Inspire Spirit, Leadership and Culture , Love and Life, Management HR, Motivasi Spirit, Smart Emotion, Success Story, Tips Keuangan, Tips Marketing dan Tips Sehat Semoga Bisa Menjadikan Anda lebih SUKSES dari hari kemarin.
Kunjungi Versi Mobile KLIK http://blocknotinspire.blogspot.com/?m=1 atau ( KLIK DISINI )

Peranan Informasi


Sumber kekuatan baru bukanlah uang yang berada dalam genggaman tangan beberapa orang, namun informasi di tangan orang banyak (John Naisbitt)

Sekarang memang kita sudah memasuki era informasi yang memungkinkan kita untuk mengakses informasi dengan mudah dan bebas. Semua ini ditunjang dengan perkembangan teknologi yang sangat pesat, misalnya perkembangan hand phone dan internet. Dapat dikatakan bahwa saat ini informasi sudah bersifat tanpa batas, artinya dapat diperoleh semua orang dengan mudah.

Bila dulu orang menganggap uang atau kekuasaan sebagai sumber kekuatan, kini informasi sudah menjadi suatu kekuatan baru yang dapat mempengaruhi orang banyak, entah positip atau negatip. Pemilik informasi banyak dicari orang, karena berdasarkan informasi yang ada padanya maka orang lain dapat memetik manfaat darinya.

Tetapi John Naisbitt mengatakan sumber kekuatan baru adalah informasi yang berada di tangan orang banyak, bukan dalam genggaman beberapa orang saja. Jadi informasi rahasia yang dimiliki seseorang tidak berarti banyak lagi. Internet memfasilitasi pengumpulan informasi yang berada di tangan banyak orang, misalnya situs Wikipedia merupakan suatu sumber pengetahuan seperti ensiklopaedi yang merupakan hasil pengetahuan / informasi dari banyak orang yang mau berpartisipasi, kita pun dapat turut berpartisipasi.

Hal ini menunjukkan bahwa telah terjadi perubahan yang radikal dalam kehidupan kita, untuk kita harus selalu siap untuk mengantisipasi perubahan yang terjadi. Marilah kita hadapi perubahan tersebut dan memanfaatkannya secara positip demi kepentingan orang banyak.



Oleh Wahyu Kushardiyanto


Twitter Delicious Facebook Digg Favorites More