blocknotinspire.blogspot.com berisi Kumpulan Business Ethics, Business Tips, Inspire Spirit, Leadership and Culture , Love and Life, Management HR, Motivasi Spirit, Smart Emotion, Success Story, Tips Keuangan, Tips Marketing dan Tips Sehat Semoga Bisa Menjadikan Anda lebih SUKSES dari hari kemarin.
Kunjungi Versi Mobile KLIK http://blocknotinspire.blogspot.com/?m=1 atau ( KLIK DISINI )

Mengajarkan Berbagi Sejak Dini kepada Anak

Cara mengajari anak untuk berbagi dengan temannya memang gampang-gampang susah, maklumlah diusia seperti mereka egoismenya sangat tinggi. Tetapi menjadi kewajiban kita sebagai orang tua untuk mengenalkan makna berbagi sejak dini.
Mengajarkan berbagi sejak dini kepada anak akan memberikan nilai positif untuk kehidupan mereka kelak. Namun yang perlu diingat bahwa agar anak mau berbagi, orang tua dituntut menjadi teladan bagi si biah hati.

Berikut beberapa cara mengajarkan anak untuk bisa berbagi dengan sesama yaitu :
-   Anak diusianya yang dini, terbiasa meniru, mereka adalah peniru ulung. Apabila mereka melihat orang tuanya berbagi, mereka akan meniru yang dilakukan orang tuanya. Anak belajar teladan, jika anda pun seorang yang memiliki kepekaan sosial tinggi, maka anak pun akan meniru apa yang anda lakukan untuk lingkungan sosial anda. Karenanya hati-hati bersikap dan berperilaku jika tidak inginditiru mentah-mentah oleh si kecil.
-  Ajarkan bahwa manusia adalah makhluk sosial yang tidak bisa hidup sendiri, bahkan seorang yang sangat kaya dan terpandang  sekalipun. Semua orang membutuhkan orang lain untuk mencapai tujuan bersama.
-  Beri gambaran mengenai anak seusianya yang kurang beruntung, mungkin anak anda belum mengerti. Ajak anak mengunjungi panti yatim, mendoronya memberikan sumbangan ke kotak amal dan lain-lainnya. Dengan mengajaknya melihat kehidupan anak-anak jalanan atau anak panti asuhan. Empatinya akan terasah, keinginan untuk berbagi dapat timbul dengan sendirinya.
-         Beri kesempatan si kecil bermain dan mengenal dengan berbagai jenis teman. Dari sini anak akan belajar menghargai dan mengakui eksistensi teman-teman sepermainannya. Anak juga belajar solidaritas sosial, serta bagaimana berinterasi secara harmonis lewat permainan.
-  Ceritakan kisah-kisah yang menginspirasi anak, seperti kisah para Nabi dan tentu dengan model yang ideal bagi anak.
-  Jangan paksa anak untuk berbagi jika mereka belum siap. Namun asah kemampuan empati si kecil, misalnya lewat dongeng, bermain pura-pura dengan bantuan boneka atau ajak si kecil mencoba rasakan apa yang dialami teman-teman sebayanya yang kurang beruntung. Hargai kepemilikan si kecil dengan meminta izinnya jika anda ingin menyisihkan beberapa barangnya untuk disumbangkan. Dengan bimbingan anda tentu saja. Hal ini akan membuat anak merasa dihargai dan menimbulkan keinginan untuk terlibat pada apa yang sedang anda kerjakan untuk sesama.
-  Libatkan anak dalam kegiatan berbagi dengan orang terdekat, misalnya debngan memintanya mengantarkan makanan yang akan dibagikan ke tetangga.
- Berikan penghargaan apabila anak mau berbagi, berikan pujian, senyuman, pelukan atau ciuman kepada anak sebagai bentuk penghargaan.

Orang tua adalah model yang terbaik bagi anak dan yang terdekat dengan anak, mau seperti apa kelak, orang tualah yang harus menjadi teladan bagi anak-anaknya. Kiranya seperti poin-poin tersebut diatas yang dapat kita lakukan kepada anak-anak kita untuk mengajarkan kepada mereka sejak dini.

Oleh : Rahman Arif
Traner Indonesia, Family Inspiration
Sumber : Majalah Yatim Mandiri Edisi April 2012


Twitter Delicious Facebook Digg Favorites More