blocknotinspire.blogspot.com berisi Kumpulan Business Ethics, Business Tips, Inspire Spirit, Leadership and Culture , Love and Life, Management HR, Motivasi Spirit, Smart Emotion, Success Story, Tips Keuangan, Tips Marketing dan Tips Sehat Semoga Bisa Menjadikan Anda lebih SUKSES dari hari kemarin.
Kunjungi Versi Mobile KLIK http://blocknotinspire.blogspot.com/?m=1 atau ( KLIK DISINI )

Tanggung Jawab Pribadi

Awali pagi anda setiap hari dengan pikiran positif dan penuh ucapan syukur.
Semua ada di bawah kendalimu, janganlah menyalahkan orang lain atas setiap kegagalanmu.

Memang keberhasilan atau kegagalan yang kita alami dalam hidup dipengaruhi oleh banyak faktor; yang terutama jelas adalah kehendak Tuhan, lalu faktor lingkungan, yang dimulai dari orang-orang yang paling dekat dengan kita, serta juga faktor keberuntungan. Sebagian orang mengatakan tidak ada faktor keberuntungan, karena semuanya telah diatur dan dikendalikan oleh Tuhan.


Semua faktor tersebut (Tuhan, lingkungan, dan keberuntungan) tidak dapat kita pengaruhi atau kita ubah sesuai dengan kehendak kita; semua berjalan di luar kendali kita. Kalau begitu, faktor apa yang menentukan keberhasilan atau kegagalan pada diri kita sendiri? Salah satu faktor terpenting (ingat bukan satu-satunya faktor) yang menentukan jalan hidup kita adalah diri kita sendiri, dan faktor ini berada dalam kendali kita sendiri, sehingga lebih mudah mengelolanya dibandingkan dengan faktor-faktor yang lain.

Karena itu bila kita mengalami kegagalan, maka semua adalah tanggung jawab kita sendiri, janganlah suka mencari ‘kambing hitam’ dengan menyalahkan Tuhan, lingkungan, atau faktor lainnya. Bila kita mengalami kegagalan janganlah menyerah, tetapi terus belajar dan belajar lagi.

Keberhasilan dan kegagalan yang kita alami sepanjang hari ini ditentukan oleh tindakan kita pada pagi hari setelah bangun tidur. Bila kita bangun tidur dengan pikiran kacau, dan waktu melangkah saja kaki kita tersandung, maka sepanjang hari itu pun hidup kita tidak berjalan lancar. Karena itu marilah kita awali hari kita dengan berdoa, mengucap syukur pada Tuhan, selalu berpikir positif atas seluruh tindakan yang akan kita lakukan, dan jangan lupa lakukan visualisasi – bayangkan tindakan yang kita rencanakan hari ini berjalan dengan lancar dan positif.

Oleh : D. Agus Goenawan


Twitter Delicious Facebook Digg Favorites More