blocknotinspire.blogspot.com berisi Kumpulan Business Ethics, Business Tips, Inspire Spirit, Leadership and Culture , Love and Life, Management HR, Motivasi Spirit, Smart Emotion, Success Story, Tips Keuangan, Tips Marketing dan Tips Sehat Semoga Bisa Menjadikan Anda lebih SUKSES dari hari kemarin.
Kunjungi Versi Mobile KLIK http://blocknotinspire.blogspot.com/?m=1 atau ( KLIK DISINI )

Pola Makan Hidup Sehat

Kita semua pastinya ingin selalu sehat, bukan?..”

Pastinya ingat dengan peribahasa Mencegah lebih baik daripada mengobati..“

Nah, bagaimana cara menjaga agar tubuh kita tetap sehat?..”

Salah satu caranya adalah  dengan menjalani pola makan dan pola hidup yang sehat.

Pola Makan Sehat

Definisi “Makan Sehat” erat kaitannya dengan memakan makanan yang cukup energi, cukup gizi dan sesuai dengan kebutuhan tubuh, yang dikonsumsi secara teratur. Kalori yang dibutuhkan oleh seorang manusia dewasa yang sehat, dengan berat badan 50 hingga 60 Kg, adalah sebesar 2.000 Kalori per hari. Jumlah tersebut tentunya dapat bertambah ataupun berkurang, tergantung pada kondisi tubuh masing-masing.

Kalori tersebut dapat diperoleh dengan cepat, dari sumber-sumber makanan yang mengandung karbohidrat seperti nasi, kentang, singkong, roti, dan ragam makanan lainnya. Namun tubuh tidak hanya membutuhkan kalori saja, gizi juga sangat penting untuk dicukupi.





Selain kalori, tubuh juga memerlukan mineral, lemak, vitamin, serat makanan, kolesterol, dan lain-lain. Sehingga kita perlu memakan makanan selain dari sumber karbohidrat, antara lain seperti sayur-sayuran, buah-buahan, ikan, tahu, tempe, daging sapi, serta jenis makanan lainnya. Pada beberapa orang dengan penyakit tertentu seperti Diabetes atau Kencing Manis, Hipertensi atau Tekanan darah tinggi, Asam Urat, Dislipidemia atau peningkatan kadar kolesterol darah, dan lain sebagainya, sangat perlu adanya penyesuaian dalam pola makan, hal ini dikarenakan adanya organ tubuh yang tidak berfungsi secara maksimal.

Selain makan sesuai kalori dan gizi, agar tetap sehat kita juga harus memakan makanan yang sehat secara teratur, karena tubuh ibarat sebuah pabrik dengan mesin-mesin yang secara konstan perlu asupan energi agar dapat menghasilkan secara optimal. Contohnya seperti lambung, lambung secara teratur akan mengeluarkan zat asam dan enzim-enzim yang membantu kita mencerna makanan yang masuk. Rasa lapar apalagi perut perih, disebabkan oleh keluarnya zat asam dan enzim-enzim tersebut di lambung. Bila diperhatikan dengan seksama, rasa lapar akan muncul pada waktu yang hampir sama setiap harinya.

Pola Hidup Sehat

Untuk menjadi sehat dan tetap sehat, kita juga harus melakukan rutinitas yang sehat. Seperti diungkapkan sebelumnya, tubuh ibarat pabrik dengan mesin-mesin yang membutuhkan asupan energi secara konstan untuk tetap bekerja secara optimal.

Nah, selain asupan energi, mesin-mesin juga memerlukan perawatan rutin bukan?..“

Bagaimana kita dapat merawat mesin-mesin atau organ-organ dalam tubuh kita?..”

Selain memakan makanan yang tepat dengan porsi yang tepat pula, organ tubuh juga memerlukan asupan oksigen yang cukup. Olahraga yang rutin dan sesuai dengan porsinya, dapat melatih jantung sehingga dapat memompa sejumlah darah kaya oksigen, yang dibutuhkan oleh organ tubuh.

Olahraga adalah latihan bagi tubuh, untuk menerima sejumlah stress atau beban, karenanya tidak dianjurkan untuk melakukan olahraga yang terlalu berat atau terlalu lama (lebih dari biasanya). Untuk pemula sangat dianjurkan untuk memulai dari olahraga yang ringan terlebih dahulu. Organ tubuh juga perlu beristirahat.

Tidur sesuai waktu serta cukup waktunya, membantu organ-organ dalam tubuh untuk beristirahat, sehingga organ tersebut dapat melakukan perbaikan-perbaikan yang perlu dilakukan, karena saat tidur adalah saat aktivitas kita paling minimal. Serta saat tidur, tubuh kita juga mengeluarkan hormon-hormon yang membantu perbaikan organ tubuh. Biasanya hormon tersebut dikeluarkan dan terpicu oleh suasana gelap dan minim cahaya. Sehingga sangat disarankan untuk tidur di ruang yang gelap atau tanpa menyalakan lampu. Merokok atau kebiasaan bergadang yang terlalu sering dapat mengurangi asupan oksigen untuk organ dalam tubuh terutama otak, manifestasinya dapat bermacam-macam, mulai dari sakit kepala ringan hingga berat, pusing atau vertigo, dan penyakit lainnya.

Tentunya kita tidak mau tertular, menularkan, atau bahkan menjadi sumber penyakit bagi orang-orang di sekitar kita, bukan?..”

Ada beberapa hal sederhana yang dapat membuat kita jauh dari penyakit, terutama peyakit menular. Berikut cara-caranya :








Hal ini bukan bermaksud untuk mengucilkan penderita penyakit tersebut, hanya semata-mata untuk menghindari penularan penyakit..!! ”

Bagaimana bila kita sakit?..”

Saat sakit, kita harus sadar bahwa kita memang sedang sakit. Bahkan sebelum sakit pun biasanya kita sudah tahu gejala-gejalanya. Kebersihan dan sanitasi diri harus senantiasa lebih dijaga, karena kuman atau bakteri yang ada di dalam tubuh sedang meningkat jumlahnya, gunakanlah masker bila diperlukan. Asupan makanan dan minuman harus tetap selalu bergizi, karena sel-sel di dalam tubuh sedang diserang. Selain itu istirahat cukup juga berperan penting dalam proses pemulihan, karena sel-sel tubuh yang rusak dapat dengan segera diperbaiki.

Kunjungi dokter agar penyakit lekas tertangani dengan benar dan tidak bertambah parah..!! ”

Minumlah obat menurut saran dari dokter (sesuai takaran dan anjuran minumnya) agar lekas sembuh..!! ”

Nah, setelah tahu cara untuk menjadi sehat dan tetap sehat, tentunya akan lebih mudah untuk mencapai apapun yang kita inginkan, karena kesehatan adalah salah satu modal utama kita dalam bekerja dan beraktivitas.

Oleh dr. Elizabeth Wulandari


Twitter Delicious Facebook Digg Favorites More