“ Kau yang
disana yang berjiwa lemah, mendekat padaku dan raih tanganku karena kudisini
pantang menyerah. Bersatu kita kuat, bersama kita hebat dan tak terkalahkan “
Untuk mendapatkan inspirasi dan
motivasi yang bisa menumbuhkan rasa percaya diri kita pada kehidupan tidak
hanya dengan mendengarkan seminar seorang motivator yang terkenal, banyak cara
yang lainnya. Contohnya seperti kalimat diatas adalah syair sebuah lagu yang
saat ini lagi tren dikalangan anak-anak muda, kalau kita amati syair lagu
diatas mengandung kalimat motivasi yang mampu mengisnpirasi bagi orang yang
mendengarkan lagu tersebut.
Seperti yang kita ketahui bersama
bahwa masih banyak cara atau ide-ide yang perlu dilakukan agar bisa menjadi
kuat, hebat dan tak terkalahkan, salah satunya adalah bekerja bersama-sama
secara TEAM. Yang menjadi pertanyaan adalah mampukah hal ini di lakukan
secara maksimal? dengan harapan bisa menjadikan usaha atau bisnis tetap unggul
di saat persaingan bisnis semakin ketat, konsumen yang semakin kritis dan pasar
global semakin menggila.
Apakah yang dimaksud TEAM itu?
Sobat, disini kita akan membahas
dan mencoba untuk menelaah atau mengartikan kepanjangan dari kata-kata TEAM,
kata TEAM merupakan singkatan dari Team Work, Excellence, Achieving dan
Moving Forward. Mari kita bersama-sama mencoba untuk menerjemahkan arti
kata-kata tersebut kedalaman Bahasa Indonesia, yang mana kata-kata tersebut
diatas bisa diartikan sebagai berikut :
Team Work
Team work bisa diartikan kerja
tim atau kerjasama, team work atau kerja sama tim merupakan bentuk kerja
kelompok dengan keterampilan yang saling melengkapi serta berkomitmen untuk
mencapai target yang sudah disepakati sebelumnya untuk mencapai tujuan bersama
secara efektif dan efisien. Harus disadari bahwa teamwork merupakan peleburan
berbagai pribadi yang menjadi satu pribadi untuk mencapai tujuan bersama.
Tujuan tersebut bukanlah tujuan pribadi, bukan tujuan ketua tim, bukan pula
tujuan dari pribadi yang paling populer di tim.
Dalam sebuah tim yang dibutuhkan
adalah kemauan untuk saling bergandeng-tangan menyelesaikan pekerjaan. Bisa
jadi satu orang tidak menyelesaikan pekerjaan atau tidak ahli dalam pekerjaan
A, namun dapat dikerjakan oleh anggota tim lainnya. Inilah yang dimaksudkan
dengan kerja tim, beban dibagi untuk satu tujuan bersama.
Saling mengerti dan mendukung
satu sama lain merupakan kunci kesuksesan dari teamwork. Jangan pernah mengabaikan
pengertian dan dukungan ini. Meskipun terjadi perselisihan antar pribadi, namun
dalam tim harus segera menyingkirkannya terlebih dahulu. Bila tidak kehidupan
dalam tim jelas akan terganggu, bahkan dalam satu tim bisa jadi berasal dari
latar belakang divisi yang berbeda yang terkadang menyimpan pula perselisihan.
Makanya sangat penting untuk menyadari bahwa kebersamaan sebagai anggota tim di
atas segalanya.
Sementara untuk membentuk dan
membangun team work yang solid, tentu tidak semudah kita membalikan telapak
tangan, team work yang solid akan menciptakan hasil yang maksimal dalam suatu
tim tersebut. Ada beberapa poin-poin penting yang harus diketahui atau perlu di
mengerti demi kebersamaan dalam sebuah team work yang baik, adapun poin-poin
tersebut adalah sebagai berikut :
1. Teamwork
adalah kerjasama dalam tim yang biasanya dibentuk dari beragam divisi dan
kepentingan.
2. Sama-sama
bekerja bukanlah teamwork, itu adalah kerja individual.
3. Filosofi
teamwork: ‘Saya mengerjakan apa yang anda tidak bisa dan anda mengerjakan
apa yang saya tidak bisa'.
4. Ketika
berada dalam teamwork, segala ego pribadi, sektoral, deparment harus
disingkirkan.
5. Dalam
teamwork yang dikejar untuk dicapai adalah target bersama, bukan individual.
6. Keragaman
individu dalam teamwork memang sebuah nilai plus namun bisa menjadi minus jika
tidak ada saling pengertian.
7. Saling
pengertian terhadap karakter masing-masing anggota team akan menjadi modal
sukses bersama.
8. Jika
setiap orang bekerjasama via bidang masing-masing, target korporasi pasti akan
segera terealisasi.
9. Individu
yang egois mengejar target pribadi akan menghambat keberhasilan team. Bayangkan
jika si A mengejar target A & si B mengejar target B, lalu target bersama
bermuara kemana?
10. Keahlian
masing-masing sungguh menjadi anugerah dalam teamwork yang akan mempercepat
proses pencapaian target.
11. Kendalikan
ego dan emosi saat bersama agar pergesekan tidak berujung pada pemutusan
kerjasama.
12. Dengan
pemahaman yang tinggi soal karakter individu dalam team, realisasi target tidak
perlu waktu yang lama.
13. Ingatlah
selalu bahwa: ‘Teamwork makes the dream work’.
Sobat, teamwork yang solid akan
mampu memberikan hasil yang maksimal, tentu karena kerja keras tim yang
didukung oleh superman-superman sebagai anggota tim sehingga bisa menghasilkan
pemikiran-pemikiran yang hebat, ide-ide yang super, bisa memberikan hasil yang
maksimal dan luar biasa dalam superteam tersebut. Sekiranya seperti itulah
pengertian tentang teamwork yang selama ini sering kita dengarkan dan sering
kita bicarakan baik dalam lingkup lingkungan kerja dan dalam lingkup saat kita
bermasyarakat.
Excellence
Excellence bisa diartikan prima,
unggul atau keunggulan yang dapat diartikan sebagai hasil atau output dari
proses yang sistematik dan sah atau legal untuk mendapatkan dan menganalisa
informasi mengenai pesaing bisnis yang telah ada dan potensial. Outputnya
mungkin terdiri atas rencana atau pemikiran yang saat ini dilakukan pesaing,
fokus mereka, kegiatan atau program yang sedang dijalankan. Keunggulan juga
mungkin terdiri atas penilaian akan kekuatan dan kelemahan yang dimiliki
pesaing serta identifikasi peluang serta hambatan secara keseluruhan yang
dibutuhkan perusahaan untuk membuat keputusan yang baik.
Dalam lingkungan yang kompetitif, ketahanan keunggulan bergantung pada kesehatan bisnis yang sehat dan memiliki keunggulan yang kompetitif. Ramuan penting dari keunggulan yang kompetitif adalah pengetahuan akan peluang dan ancaman yang dimiliki pesaing, serta tidak kalah penting adalah pengetahuan akan kekuatan dan kelemahan relatif yang dimiliki pesaing terhadap bisnis kita.
Keunggulan yang kompetitif adalah
kemampuan untuk memformulasi strategi pencapaian peluang profit melalui
maksimisasi penerimaan dari investasi yang dilakukan. Sekurang-kurangnya ada
dua prinsip pokok untuk meraih keunggulan yang kompetitif yaitu adanya nilai
pandang pelanggan dan keunikan produk. Jadi ada berbagai macam definisi
keunggulan yang kompetitif jika di lihat dari lingkunganya itu sendiri. Jika
didefinisikan secara umum keunggulan kompetitif adalah suatu keunggulan atau
juga bisa di sebut sebagai potensial yang menunjang suatu unsur yang begitu
kompleks.
Peningkatan keunggulan dan
peningkatan service harus dilakukan secara terus menerus dan selalu diasah agar
pelayanan terhadap pelanggan pun meningkat dari waktu ke waktu. Peran karyawan
dalam suatu perusahaan menentukan kelangsungan perusahaan itu sendiri. Apabila
mutu pelayanan meningkat, dampak pada perusahaan secara menyeluruh akan dapat
dirasakan pula oleh para karyawannya.
Akhir-akhir ini kita sering
mendengar kata atau istilah 'Service Excellence', kemudian ada juga yang
sekarang ini muncul Service Excellence Award yang baru saja kita raih.
Hal ini diharapkan mampu mendorong perusahaan-perusahaan swasta maupun non
swasta saling berlomba-lomba untuk memberikan sebuah Service Excellence dan pelayanan yang terbaik kepada
konsumennya.
Achieving
Achieving bisa di artikan capai
atau mencapai target, yang bisa diartikan keinginan atau tekad untuk bekerja
dengan lebih baik atau melampaui standart prestasi atau target, standart
tersebut bisa berupa prestasi diri sendiri dimasa lampau, ukuran yang obyektif
yang melebihi orang lain, sasaran yang menantang atau sesuatu yang belum pernah
dilakukan oleh orang lain. Hal ini bisa menjadi dorongan untuk bertindak lebih
baik dan efisien.
Orang yang tidak berprestasi atau
orang yang tidak mempunyai standart prestasi dalam bekerja adalah orang yang
tidak menunjukan perhatian khusus terhadap pekerjaannya, hanya melakukan apa
yang di butuhkan dan hasilnya tidak memenuhi standart kinerja yang baik. Adapun
orang yang berprestasi akan selalu memiliki ciri-ciri sebagai berikut :
1. Bekerja dengan baik untuk
mencapai suatu target
·
Mencoba bekerja dengan baik atau benar.
·
Mengekspresikan keinginan untuk bekerja dengan
lebih baik.
·
Merasa tidak puas bila melihat ketidakefisienan
di tempat kerja (misalnya mengeluh karena waktu yang terbuang) tapi tidak
melakukan tindakan perbaikan yang spesifik.
2. Mencapai standar prestasi yang
ditentukan
·
Memenuhi standar prestasi atau target yang
ditetapkan oleh manajemen.
·
Bekerja keras untuk memenuhi persyaratan yang
ditentukan (kualitas maupun waktu).
·
Membuat ‘milestone’ (target perantara), jadwal
dan tenggat waktu untuk setiap tugas.
3. Meningkatkan kinerja
·
Memperbaiki sistem atau metode kerja untuk
meningkatkan kinerja.
·
Bekerja dengan lebih efisien, lebih cepat,
dengan biaya lebih rendah.
·
Meningkatkan pelayanan kepada pelanggan.
4. Menentapkan dan mencapai
sasaran yang menantang
·
Menetapkan sasaran yang menantang dalam arti
sasaran yang cukup sulit untuk dicapai namun realistis.
·
Merealisasikan ide-ide baru yang belum pernah
dicoba.
·
Membuat target untuk diri sendiri yang melebihi
target yang diberikan oleh perusahaan yang mengharuskan untuk bekerja lebih
keras tetapi masih dalam batas yang realistis.
5. Membuat analisis cost-benefit
·
Membuat keputusan dan menetapkan prioritas atau
memilih sasaran berdasarkan perhitungan input dan output.
·
Memikirkan tentang resiko dan keuntungan yang
ditimbulkan dari suatu tindakan.
·
Menganalisa hasil kerja baik dari segi finansial
maupun non finansial.
·
Melakukan studi atau analisa kelayakan.
6. Mengambil resiko yang
diperhitungkan
·
Membuat komitmen dalam menyediakan sumber daya
dan waktu yang signifikan (dalam situasi yang tidak pasti) untuk meningkatkan
keuntungan.
·
Mencoba membuat produk baru seraya mengambil
tindakan untuk meminimalkan resiko, misalnya melakukan riset pasar.
Luar biasa sobat, mencapai target
adalah kewajiban kita semua yang sudah menjadi komitmen terhadap manajemen
perusahaan. Tentu banyak hal yang perlu dilakukan untuk mencapai target
tersebut dan tetap semangat sobat, kita adalah pemenang dan bisa mencapai
target yang luar biasa.
Moving Forward
Moving Forward dapat diartikan
bergerak terus-menerus atau melangkah lebih maju kedepan, bisa juga dijabarkan
sebagai suatu usaha yang dilakukan secara terus-menerus pada suatu pekerjaan
atau usaha tertentu yang bertujuan untuk melangkah lebih maju dan lebih baik
dari saat ini. Langkah-langkah untuk menjadi maju, selangkah lebih maju dengan
yang lain ( kompetitor ) adalah sangatlah penting dalam suatu perusahaan
sehingga bisa terciptakan perusahaan yang dinamis dan mampu mengikuti tren
perubahan jaman. Setiap bidang pekerjaan yang geluti pastinya mengikuti
kemajuan perubahan jaman maka kita harus siap dengan perubahan tersebut.
Dalam suatu bisnis, tentu kita
pernah berangan-angan mengenai masa depan bisnis kita walaupun bentuknya
sedikit berbeda dengan kenyataannya. Survivor dalam suatu bisnis perlu
berantisipasi dengan memfokuskan pada kebutuhan pelanggan di masa depan. Bisa
jadi berfokus pada pelanggan adalah satu-satunya jalan keluar di masa sulit,
karena tanpa pelanggan, perusahaan tidak bisa meneruskan bisnisnya.
Ada beberapa faktor-faktor yang
mendukung kemajuan perusahaan atau membuat perusahaan lebih maju dari sekarang
dalam menjalankan suatu bisnis atau usahanya adalah sebagai berikut :
1. Product
Product bisa berupa barang atau
jasa yang dipasarkan kepada konsumen untuk konsumsi atau untuk digunakan
manfaatnya. Suatu product atau jasa yang unggul, berkualitas tinggi dan mampu
memberikan manfaat yang lebih kepada konsumen akan menjadikan market atau
penjualan menjadi tinggi.
2. Sistem
Sebuah sistem yang modern dengan
mengikuti kemajuan teknologi yang berkembang saat ini akan mampu bersaing dalam
suatu bisnis tertentu dan mampu menjawab atau mengikuti tren teknologi yang
bertujuan mempermudah pelanggan mencari, membeli dan menikmati suatu product.
3. Strategi
Perubahan-perubahan yang terjadi
dalam suatu product atau jasa dan sistem teknologi yang semakin lama semakin
canggih akan mendorong kita untuk berpikir bagaimana strategis yang cocok untuk
menentukan langkah. Strategi bisa berjalan dengan dukungan dari product yang
unggul dan sistem yang canggih
4. Karyawan
Dari ketiga faktor tersebut
diatas tidak bisa berjalan tanpa adanya karyawan atau user yang menjalankan
bisnis, karyawan menjadi faktor yang paling penting dalam hal kemajuan suatu
perusahaan.
Kemampuan karyawan akan dapat
mengubah dan mempengaruhi orang lain untuk membeli atau menggunakan produk atau
jasa suatu perusahaan untuk memenuhi kebutuhannya, tentu dengan produk yang
unggul dan sesuai dengan manfaatnya akan mampu memikat hati pelanggan. Sebuah
sistem yang canggih dan strategi modern yang selalu mengikuti tren kemajuan
teknologi akan membantu karyawan untuk menjual product kepada pelanggan.
Sekiranya sepertilah sobat untuk
menjadikan perusahaan yang maju dengan kita selalu begerak terus-menerus maju
kedepan dengan memaksimalkan segala pikiran, ide-ide serta mampu menjalankan
rencana masa depan perusahaan.
Sumber : dari beberapa sumber dirangkum oleh kang Sukrok dan Tim blocknotinspire