blocknotinspire.blogspot.com berisi Kumpulan Business Ethics, Business Tips, Inspire Spirit, Leadership and Culture , Love and Life, Management HR, Motivasi Spirit, Smart Emotion, Success Story, Tips Keuangan, Tips Marketing dan Tips Sehat Semoga Bisa Menjadikan Anda lebih SUKSES dari hari kemarin.
Kunjungi Versi Mobile KLIK http://blocknotinspire.blogspot.com/?m=1 atau ( KLIK DISINI )

Penyebab Produk Menjadi Tidak Menarik & Solusinya


Mengapa orang bisa tidak tertarik dengan produk dan jasa yang ditawarkan, meski dari perusahaan yang ternama sekalipun?

Setelah kita mendengar, atau melihat kesuksesan luar biasa dari penjualan perdana iPhone 4, ternyata kita juga melihat atau mendengar fakta bahwa ada perusahaan besar dan ternama yang meluncurkan telepon seluler (ponsel), namun kurang laku di pasaran, bahkan akhirnya harus menurunkan harga yang cukup signifikan untuk meningkatkan penjualannya. Mengapa hal tersebut bisa terjadi? Padahal perusahaannya sudah memiliki nama yang terkenal.



Menurut saya,salah satu penyebab mengapa suatu produk atau jasa kurang bisa laku pada saat ditawarkan antara lain:



  1. Kurang adanya publikasi yang optimal. Sehingga orang belum begitu mengenal produk atau jasa kita. Dan lebih parah lagi, jika segmen pasar yang kita bidik ternyata banyak yang belum tahu akan keberadaan produk atau jasa yang kita tawarkan.

    Salah satu solusinya adalah, optimalkan penggunaan publikasi dan membuat berbagai alternatif ide kreatif yang memungkinkan kita bisa melakukan publikasi dengan biaya seefisien mungkin dan hasil seoptimal mungkin. Oleh karena itu lakukan tes dan ukur mulai dari skala yang kecil terlebih dahulu.
  2. Kurang mengaktifkan 12 pilar marketing yang ada, hanya mempraktikkan beberapa pilar saja, dan kebanyakan perusahaan hanya melakukan pilar periklanan untuk meningkatkan pemasaran.

    Maka perlu dipraktikkan 12 pilar/cara menyampaikan penawaran kepada target market kita secara terpadu dan optimal, sehingga menjadi produk atau jasa kita bisa jauh lebih dikenal dan dicari-cari orang.
  3. Kurang didukung oleh kualitas produk atau jasa yang benar-benar dahsyat. Karena seperti kita ketahui sekarang ini, konsumen semakin cerdas dalam memilih suatu produk (dan semakin banyak pula pilihan yang bisa diambil oleh konsumen).

    Sehingga jika kita tidak bisa memberikan kualitas yang benar-benar dahsyat, bisa saja terjadi orang tidak akan begitu memperdulikan produk atau jasa kita. Dalam hal ini termasuk pula mengenai bentuk desain (bentuk yang menarik, trendi dan ergonomic), penyajian dan ketersediaan fasilitas pendukung (misalnya jika dalam ponsel: ketersediaan peranti lunak yang menarik dan mudah didapat/ diunduh, dukungan teknologi yang up to date, dan sebagainya).
  4. Kurang didukung oleh after sales service yang terpadu.Karena jika seorang membeli suatu produk (misalnya produk-produk elektronik) sangat perlu untuk dipertim- bangkan kemudahan dalam after sales service.

    Karena jika suatu produk sudah kurang bagus dari kualitasnya, ditambah servisnya juga tidak mudah ditemukan, dan butuh waktu yang lama untuk pengerjaan servisnya, maka bisa Anda bayangkan sendiri.
    Tentunya konsumen akan mempertimbangkan dua kali tentang hal tersebut sebelum memutuskan untuk membeli produk/jasa tersebut. Salah satu solusinya, berikan after sales service yang terintegrasi, jelas dan me-yakinkan.

    Karena seperti telah kita ketahui, untukmenciptakan isi penawaran yang menarik sehingga mudah diterima oleh konsumen, salah satu syaratnya yaitu dengan menaikkan nilai tambah dan mengurangi nilai kurang/risiko.

    Antara lain dengan memberikan garansi after sales service yang jelas dan meyakinkan sehingga bisa membantu untuk mengurangi nilai kurang/risiko bagi calon pembeli kita. Langkah selanjutnya, harus menaikkan nilai tambah produk atau jasa kita.

    Apa nilai tambah kita dibanding yang lainnya? Terutama dengan kompetitor terdekat kita, dan kemudian informasikan nilai tambah tersebut kepada calon pembeli dengan lebih jelas dan efektif, supaya mereka semakin mantap untuk memutuskan pilihannya.

    Sangat sayang sekali,jika Anda sudah melakukan persiapan atau riset yang lama dan dengan biaya besar, namun tidak dibarengi oleh strategi pemasaran yang lebih terpadu, maka yang terjadi bisa saja produk atau jasa Anda tidak diterima baik oleh calon konsumen.

    Meski dengan cara menurunkan harga yang cukup fantastis sekalipun, bisa saja terjadi pemasaran Anda tetap tidak bertambah sesuai yang diharapkan.

    Jika Anda mempunyai kisah kesuksesan karena telah membaca dan mempraktikkan ilmu yang saya ajarkan dalam bukubuku saya atau karena hasil mengikuti seminar-seminar saya, segera kirim cerita kesuksesan anda ke: tungdw@dahsyat.com dan untuk kisah sukses yang inspirasional akan saya tampilkan di buku saya selanjutnya. Dan ini merupakan kesempatan emas anda pula untuk sekaligus mempromosikan produk atau jasa yang anda tawarkan.(*)

    TUNG DESEM WARINGIN
    Pelatih Sukses No 1 di Indonesia The most Powerful People and Ideas in Business 2005
    Sumber : okezone.com


Twitter Delicious Facebook Digg Favorites More