blocknotinspire.blogspot.com berisi Kumpulan Business Ethics, Business Tips, Inspire Spirit, Leadership and Culture , Love and Life, Management HR, Motivasi Spirit, Smart Emotion, Success Story, Tips Keuangan, Tips Marketing dan Tips Sehat Semoga Bisa Menjadikan Anda lebih SUKSES dari hari kemarin.
Kunjungi Versi Mobile KLIK http://blocknotinspire.blogspot.com/?m=1 atau ( KLIK DISINI )

Kepemimpinan dan Ketulusan

Kalau kepemimpinan ibarat permadani mewah, benang warna-warni yang dipakai merajutnya adalah KETULUSAN dalam berpikir, berucap, dan bertindak (JC Bowling).

Kepemimpinan merupakan pendekatan untuk membuat anak buah dapat dan mau bergerak untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Dalam melakukan hal ini jelas banyak hal, baik ketrampilan maupun pengetahuan, yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin, misalnya kemampuan berkomunikasi, membentuk team work, memotivasi, dan lain-lain.

Salah satu hal yang sangat dihargai anak buah adalah ketulusan dari seorang pemimpin. Ketulusan ini yang membuat anak buah mau bergerak dengan sepenuh hati untuk mewujudkan sasaran yang telah ditentukan pemimpin. Mereka mau bergerak setelah melihat bahwa pemimpinnya pun memiliki ketulusan, yang terwujud dalam proses berpikir, ucapan, dan tindakannya.


Pemimpin yang baik menentukan sasaran berdasarkan pedoman dari perusahaan yang selaras dengan hati nuraninya; ia tidak mencari keuntungan pribadi dengan memanfaatkan anak buahnya. Ketidaktulusan seorang pemimpin segera akan diketahui anak buahnya; hal ini jelas membuat mereka tidak percaya lagi kepada pemimpin tersebut, dan mereka pun akan meninggalkannya.

Jadi marilah kita belajar menjadi pemimpin yang tulus, terutama sebagai pemimpin di keluarga masing-masing. Hal ini merupakan salah satu hal yang membentuk kita menjadi pemimpin yang efektif.

Oleh : D. Agus Goenawan


Twitter Delicious Facebook Digg Favorites More