blocknotinspire.blogspot.com berisi Kumpulan Business Ethics, Business Tips, Inspire Spirit, Leadership and Culture , Love and Life, Management HR, Motivasi Spirit, Smart Emotion, Success Story, Tips Keuangan, Tips Marketing dan Tips Sehat Semoga Bisa Menjadikan Anda lebih SUKSES dari hari kemarin.
Kunjungi Versi Mobile KLIK http://blocknotinspire.blogspot.com/?m=1 atau ( KLIK DISINI )

Atasi Osteoporosis dengan Brokoli & Yogurt

Untuk mencegah atau tidak menambah parah osteoporosis, tubuh perlu diberikan asupan-asupan gizi yang mumpuni. Brokoli dan yogurt dapat memenuhi keperluan gizi yang berkaitan dengan pembentukan tulang.
 
Osteoporosis sering disebut keropos tulang. Menurut WHO, osteoporosis merupakan penyakit yang ditandai dengan berkurangnya massa tulang dan adanya perubahan mikroarsitektur jaringan tulang.
 
Osteoporosis bukan hanya berkurangnya kepadatan tulang, tetapi juga penurunan kekuatan tulang. Pada osteoporosis, kerusakan tulang lebih cepat daripada perbaikan yang dilakukan oleh tubuh.
 
Jika Anda sudah sering mendengar manfaat susu dan keju untuk kesehatan tulang. Anda pun dapat memenuhi gizi-gizi yang dibutuhkan tulang dengan mengonsumsi brokoli dan yogurt.
Berikut penjelasan yang dilansir MNN:
 
Brokoli
 
Brokoli memberikan Anda empat nutrisi pembangun tulang, seperti vitamin C dan K, serta kalium dan kalsium. Penelitian telah menemukan bahwa kecukupan vitamin C dan K bermanfaat untuk kepadatan tulang. Sedangkan kalium di dalamnya pun dapat mengurangi pengeroposan pada tulang akibat asam metabolik.
 
Anda bisa sajikan brokoli, setidaknya tiga kali sepekan  dan jika Anda perlu tambahan taburi keju parut yang juga menambahkan asupan kalsium.
 
Yogurt
 
Jika tubuh tidak mendapatkan cukup kalsium dalam diet Anda, maka tubuh akan mulai "meminjam" apa yang dibutuhkan dari kalsium yang disimpan dalam tulang Anda.
 
Yogurt merupakan sumber kalsium dan protein yang baik. Yang keduanya diperlukan untuk kekuatan tulang. Penelitian menunjukkan bahwa orang yang tidak mendapatkan cukup protein memiliki kepadatan tulang lebih rendah.
 
Agar osteoporosis tak bertambah parah, hindari minum kopi secara berlebihan karena dapat mengeluarkan kalsium secara berlebihan.
 
Kurangi pula softdrink atau minuman ringan karena dapat menghambat penyerapan kalsium. Serta hindari minuman beralkohol dan rokok karena dapat menyerap cadangan kalsium dalam tubuh. (ina)
(tty)


Sumber :okezone.com


Twitter Delicious Facebook Digg Favorites More