blocknotinspire.blogspot.com berisi Kumpulan Business Ethics, Business Tips, Inspire Spirit, Leadership and Culture , Love and Life, Management HR, Motivasi Spirit, Smart Emotion, Success Story, Tips Keuangan, Tips Marketing dan Tips Sehat Semoga Bisa Menjadikan Anda lebih SUKSES dari hari kemarin.
Kunjungi Versi Mobile KLIK http://blocknotinspire.blogspot.com/?m=1 atau ( KLIK DISINI )

Ubah Diri Sendiri

Kita tidak dapat mengubah orang lain. Yang bisa kita lakukan hanyalah mengubah diri sendiri. Jangan perhatikan orang lain, tetapi konsentrasilah pada diri sendiri.

Seringkali orang mengatakan, “Saya sulit berhubungan dengan dia, kalau dia tidak mau mengubah dirinya.”. Yang dapat kita lakukan paling hanya memberikan saran untuk kebaikan orang tersebut, tetapi biasanya kita menjadi kecewa lagi karena orang itu tetap tidak mau berubah. Kalau kita menjadi atasannya mungkin kita dapat memaksa agar orang itu berubah, tetapi perubahan itu pun hanya bersifat sementara dan tidak menetap.


Yang dapat kita lakukan hanyalah mengubah diri sendiri. Bila kita kecewa terhadap seseorang, maka yang kita ubah adalah sudut pandang kita kepada orang tersebut. Misalnya ketika atasan tidak mau menerima pendapat kita, kita tetap melakukan yang terbaik bagi dia dan perusahaan; yakinlah suatu saat dia melihat ketulusan dan komitmen kita, sehingga akhirnya mau menerima pendapat kita.

Jadi konsentrasilah pada diri sendiri, ubah diri kita menjadi semakin baik, semakin bijak, dan semakin ‘berisi’. Hal inilah yang akan membuat orang lain memiliki sudut pandang berbeda terhadap kita.

Oleh : D. Agus Goenawan


Twitter Delicious Facebook Digg Favorites More