blocknotinspire.blogspot.com berisi Kumpulan Business Ethics, Business Tips, Inspire Spirit, Leadership and Culture , Love and Life, Management HR, Motivasi Spirit, Smart Emotion, Success Story, Tips Keuangan, Tips Marketing dan Tips Sehat Semoga Bisa Menjadikan Anda lebih SUKSES dari hari kemarin.
Kunjungi Versi Mobile KLIK http://blocknotinspire.blogspot.com/?m=1 atau ( KLIK DISINI )

Menumbuhkan Rasa Percaya Diri Pada Karyawan, Salah Satu Tugas Seorang Pemimpin

Seorang pemimpin memang berperan penting terhadap perkembangan potensi dari karyawan.  Suatu hal yang harus disadari adalah, seorang karyawan yang berpotensi adalah aset yang mendatangkan keuntungan bagi perusahaan.  Namun, bagaimana cara supaya karyawan yang ada memiliki potensi dan tahu untuk mengembangkannya bahkan dari diri karyawan itu sendiri agar tahu mengembangkannya adalah dengan cara memberikan kepercayaan diri kepada karyawan tersebut.


Mengutip pernyataan Jack Welch, CEO General Electrics tahun 1981-2001, ia mengatakan bahwa “Giving people self-confidence is by far the most important thing that I can do. Because then they will act.” Hal itu berarti menunjukkan betapa pentingnya peran seorang pemimpin dalam memberikan rasa percaya diri kepada para karyawannya. Ketika karyawan mulai percaya diri, barulah mereka akan bertindak dan juga semakin lama tanpa mereka sadari, mereka akan berkembang sesuai potensi mereka dan semakin hari akan menjadi semakin baik dari sebelumnya.

Memberikan kepercayaan diri bisa dalam berbagai cara, seperti misalnya dengan memberikan training yang membuat karyawan tersebut semakin memahami pekerjaannya dan bersemangat di dalam mengembangkan potensinya. Training yang diberikan, haruslah berupa training yang bersifat menarik, sesuai dengan peminatan karyawan pada umumnya, dan yang jelas membuat karyawan tersebut menjadi semakin loyal dan juga merasa mampu dan terpacu untuk melakukan pekerjaan yang ia harus lakukan. Di dalam training itu, bukan hanya diajarkan teoritikal saja, melainkan harus segala sesuatu yang berbau praktek agar karyawan dapat mempunyai gambaran, dan tentu saja harus disertai success story yang menarik dari atasan mereka sehingga karyawan yang akan bekerja juga semakin merasa bahwa ia pun dapat melakukan hal yang sama.

Cara lainnya, adalah dengan memberikan motivasi. Terkadang, karyawan merasa bahwa ia tidak sanggup menjalankan apa yang ditugaskan kepadanya. Seringkali ia merasa terlalu berat, dan juga suka ia merasa kemampuannya tidak sesuai. Namun, seorang pemimpin harus tahu bagaimana memberikan motivasi dan juga harus tahu bagaimana untuk mengarahkan karyawan sehingga ia menemukan kepercayaan dirinya. Ingat, kepercayaan diri merupakan salah satu langkah awal bagi karyawan dalam bertindak dan juga untuk menemukan potensi dirinya serta mengembangkannya.

Hal lain yang juga sangat penting dan tidak boleh dilupakan, adalah pemberian bonus atau insentif. Hal ini bisa dikatakan penting bagi karyawan untuk pekerjaan tertentu, seperti divisi marketing. Bagi mereka, insentif atau bonus bagaikan “vitamin” yang memberikan semangat bagi mereka dan juga terus memberikan rasa percaya diri yang akan membuat mereka semakin lama semakin baik di dalam mengembangkan potensi mereka.

Jadi, tumbuhkan rasa percaya diri kepada karyawan Anda..karena seorang pemimpin adalah seseorang yang tahu bagaimana membuat karyawan merasa percaya diri, dan akhirnya akan berkembang sesuai potensi mereka. Dengan karyawan berhasil mengembangkan potensinya, maka mereka akan menjadi aset yang berharga bagi perusahaan.

Sumber : vibizmanagement.com 


Twitter Delicious Facebook Digg Favorites More