blocknotinspire.blogspot.com berisi Kumpulan Business Ethics, Business Tips, Inspire Spirit, Leadership and Culture , Love and Life, Management HR, Motivasi Spirit, Smart Emotion, Success Story, Tips Keuangan, Tips Marketing dan Tips Sehat Semoga Bisa Menjadikan Anda lebih SUKSES dari hari kemarin.
Kunjungi Versi Mobile KLIK http://blocknotinspire.blogspot.com/?m=1 atau ( KLIK DISINI )

Memastikan Penghasilan Bulanan Lewat Income Protection

Kesehatan merupakan satu bagian tak ternilai dari kehidupan kita. Seiring dengan pertambahan usia, semakin bertambah pula peluang di dalam diri kita untuk menghadapi risiko penyakit.

Bila satu peristiwa tak terduga menimpa Anda, dan itu karena kesehatan yang buruk atau sakit berkepanjangan akibat kecelakaan, Anda sedang berhadapan dengan risiko keuangan yang tidak sedikit dalam menjalani aktivitas dan kewajiban rutin Anda seharihari. Akibat menderita sakit, aktivitas pun bisa terganggu untuk kurun waktu yang panjang. Akibatnya, penghasilan rutin bulanan Anda bisa terganggu, bahkan hilang sama sekali.

Buruknya kondisi kesehatan Anda karena penyakit atau kecelakaan bisa memaksa Anda dirawat di rumah sakit berkepanjangan sehingga Anda tidak bisa beraktivitas.Sesudah munculnya kemalangan tersebut, pernahkah Anda menghitung berapa lama kemudian Anda akan menghadapi kesulitan keuangan yang pelik? Sebuah penelitian di AS yang dipublikasikan Life Foundation melaporkan bahwa 27 persen di antara penduduk AS yang mengalami sakit berkepanjangan akan langsung mengalami kesulitan keuangan.

Sebanyak 49 persen lainnya akan mengalami kesulitan keuangan satu bulan kemudian. Bagaimana dengan kondisi di Indonesia? Belum ada penelitian yang dilakukan di Indonesia terkait hal tersebut.Namun,dari gambaran tersebut, kita bisa membayangkan betapa rawannya kondisi keuangan masyarakat kita bila sewaktu-waktu mereka mengalami penyakit kritis atau sakit berat karena kecelakaan untuk masa waktu yang lama!

Kondisi tersebut menghambat kemampuan seseorang dalam bekerja sehingga yang bersangkutan sangat rawan kehilangan penghasilan/ pendapatan rutin setiap bulan. Faktanya,tidak ada seorang pun di antara kita yang dapat terbebas dari ancaman penyakit kritis atau sakit berat seperti itu. Sebagai seorang karyawan, andaikata Anda mengalami hal seperti itu,umumnya ketentuan perusahaan mengatur penurunan jumlah gaji yang akan Anda terima dari bulan ke bulan manakala Anda tidak bisa masuk kerja dalam kurun waktu yang lama.

Sudah tentu, persentase penghasilan yang berkurang itu tidak akan cukup untuk membiayai pengeluaran rutin Anda dari bulan yang satu ke bulan berikutnya! Apa yang terjadi bila sakit berkepanjangan mendera kita yang memiliki profesi sebagai pekerja mandiri, misalnya sebagai artis film, dokter, penasihat hukum, pemusik, arsitek, atau desainer interior? Ketika kita mengalami kemalangan tersebut dan hal itu mengakibatkan kita tidak bisa bekerja, sudah tentu kondisi keuangan kita sangat terganggu.

Mengapa demikian? Karena, sebagai pekerja mandiri, kita tidak mendapatkan kompensasi penghasilan rutin per bulan dari pihak lain, layaknya karyawan,sehingga penghasilan rutin kita bisa langsung berkurang saat itu juga! Ketika sakit yang berkepanjangan menimpa Anda, misalnya, dan pendapatan rutin bulanan Anda berkurang, bagaimana dengan biaya-biaya yang selama ini harus Anda bayar dari penghasilan bulanan?

Siapa yang akan membayar sewa rumah, cicilan kredit mobil, cicilan kredit rumah yang masih berjalan, biaya listrik, dan biaya telepon setiap bulan? Tanpa penghasilan rutin yang melekat dalam diri Anda, bisa dipastikan Anda akan mengalami kesulitan keuangan untuk menutupi beragam biaya bulanan rutin tersebut.

Manfaat Polis Berorientasi Income Protection
Dalam rangka melindungi Anda dari risiko keuangan akibat penghasilan rutin per bulan berkurang atau hilang karena Anda tidak bisa bekerja akibat sakit berkepanjangan, produk asuransi jiwa berorientasi income protection (proteksi penghasilan) hadir untuk Anda.

Produk jenis ini dirancang untuk menjaga dan melindungi penghasilan rutin Anda (sebagai nasabah asuransi) sampai batas tertentu manakala Anda tidak dapat bekerja seperti biasa akibat kecelakaan atau penyakit berkepanjangan. Polis asuransi berjenis proteksi penghasilan ini akan bekerja untuk mengatasi masalah dan menghindarkan diri Anda sebagai nasabah dari munculnya kesulitan keuangan! Dalam hal ini,perusahaan asuransi jiwa sebagai penerbit polis akan membayarkan sejumlah uang setiap bulan.

Seraya Anda menunggu masa pemulihan dan Anda terus berharap untuk bisa bekerja kembali, Anda akan menerima pembayaran rutin setiap bulan dari polis asuransi ini sehingga kondisi ini memungkinkan bagi Anda untuk memenuhi kebutuhan rutin bulanan. Jadi, produk asuransi jiwa yang berorientasi income protection setia mendampingi Anda dalam memenuhi kebutuhan bulanan Anda.

Produk asuransi jenis ini bisa menggantikan penghasilan rutin Anda yang berkurang atau hilang manakala Anda dirawat di rumah sakit! Fitur polis berorientasi income protection yang diterbitkan perusahaan asuransi jiwa biasanya beragam dan berbeda satu dengan yang lain. Meskipun demikian, umumnya polis asuransi jenis ini bisa dirancang untuk mulai memberikan pembayaran sejumlah uang tertentu sebagai pengganti penghasilan Anda kurang lebih 30- 90 hari terhitung sejak Anda tidak bisa bekerja.

Pembayaran ini bisa terus berlangsung sampai masa waktu tertentu, misalnya 12-24 bulan, atau segera setelah Anda dapat kembali bekerja, bergantung mana yang lebih dulu tercapai. Untuk memastikan konsistensi penghasilan rutin bulanan Anda di tengah munculnya risiko tak terduga akibat sakit yang berkepanjangan, pastikan diri Anda memiliki polis asuransi jiwa berorientasi income protection! Segera hubungi agen asuransi jiwa pilihan Anda!

Mereka akan memberikan konsultasi dan asistensi yang profesional sehingga Anda mendapatkan produk asuransi yang sesuai kebutuhan dan kemampuan finansial Anda. (*)

Eddy KA Berutu
Praktisi Asuransi dan Ketua Departemen Pendidikan, Pelatihan, dan Pengembangan AAJI

Sumber : okezone.com


Twitter Delicious Facebook Digg Favorites More