blocknotinspire.blogspot.com berisi Kumpulan Business Ethics, Business Tips, Inspire Spirit, Leadership and Culture , Love and Life, Management HR, Motivasi Spirit, Smart Emotion, Success Story, Tips Keuangan, Tips Marketing dan Tips Sehat Semoga Bisa Menjadikan Anda lebih SUKSES dari hari kemarin.
Kunjungi Versi Mobile KLIK http://blocknotinspire.blogspot.com/?m=1 atau ( KLIK DISINI )

Renungkan Tindakan atau Pekerjaan Kita

Hendaknya tiap hari kita meluangkan waktu merenung tindakan / pekerjaan yang telah kita lakukan. Ini penting agar kita tidak hidup otomatis seperti robot.

Manusia memiliki otak / pikiran dan hati / perasaan; ke dua hal inilah yang membedakan manusia dengan hewan dan tumbuhan. Manusia memiliki pikiran untuk menciptakan sesuatu dan juga untuk menganalisis, dan dengan hati, manusia dapat menentukan kebaikan atau kejahatan.


Manusia juga berbeda dengan robot, yang hanya mengerjakan pekerjaan secara otomatis tanpa perasaan apa pun. Robot tidak mengenal lelah dan bosan dalam melakukan pekerjaan, dan ia melakukannya terus menerus dengan cara yang sama, sampai programnya diubah.

Berbeda dengan robot, manusia dengan pikirannya berusaha terus untuk memperbaiki pekerjaan atau tindakan yang telah dilakukannya agar menjadi lebih baik dari waktu ke waktu. Tanpa pembaharuan, manusia malah akan bosan bila harus bekerja terus menerus dengan cara yang sama, tanpa pembaharuan atau perubahan sama sekali.

Dengan akalnya, maka manusia perlu merenungkan kembali semua yang telah dilakukannya, melakukan evaluasi apakah pekerjaannya sudah baik dan berguna bagi masyarakat dan lingkungan di sekitarnya. Bila belum maka perlu dilakukan tindakan perbaikan, sedangkan bila sudah berhasil, perlu dipikirkan apakah ada tindakan lain yang lebih efektif.

Oleh : D. Agus Goenawan


Twitter Delicious Facebook Digg Favorites More