blocknotinspire.blogspot.com berisi Kumpulan Business Ethics, Business Tips, Inspire Spirit, Leadership and Culture , Love and Life, Management HR, Motivasi Spirit, Smart Emotion, Success Story, Tips Keuangan, Tips Marketing dan Tips Sehat Semoga Bisa Menjadikan Anda lebih SUKSES dari hari kemarin.
Kunjungi Versi Mobile KLIK http://blocknotinspire.blogspot.com/?m=1 atau ( KLIK DISINI )

Berbahayakah menggunakan kata “JANGAN”?

Entah mengapa, hari ini saya merasa beruntung sekali. Maksud hati hanya ingin menonton pertandingan bola dari televisi saja. Tiba-tiba, teleponku berdering. Rupanya telepon dari adikku. Dia menawarkan nonton pertandingan sepakbola secara langsung di stadion Jakabaring. Penawaran yang sangat menarik. Tak akan ku lewati.
Kami pergi rombongan. Ternyata kami menjadi bagian dari suporter Persipura. Begitu tiba di stadion. Hiruk pikuk suasana stadion menambah atmosfer pertandingan.Suara yel-yel penonton. Tiupan terompet dan tabuhan genderang suporter kedua kesebelasan. Membuat suasana menjadi sangat meriah. Rombongan kami mendapat tempat duduk di tribun selatan stadion.

Kami disambut dengan yel-yel. Tiupan terompet. Dan tepuk tangan penonton. Setelah kami semua duduk. Pihak panitia pun membagikan sebuah kartu. Ternyata isi kartu tersebut berupa himbauan supaya kami menonton bola dengan tertib. Saya pun melihat isi kartu. Dan inilah isi kartu tersebut…..
Jangan anarkis
Jangan rasis
Jangan bawa petasan dan benda lain yang membahayakan
Jangan bawa botol minuman
Jangan menghina
Jangan mengintimidasi
Jangan menganiaya
Jangan suap
Jangan rusuh
Jangan melempar
Bila anda perhatikan kata-kata diatas. Selalu menggunakan kata ”JANGAN…”. Emangnya ada apa dengan kata ”JANGAN”. Ups….tenang dulu. Saya akan membahasnya disini.
Kata ”JANGAN” adalah kata yang abstrak, tidak dapat dibayangkan oleh pikiran kita. Oleh karena itu, bila kata ”JANGAN” dipasang dalam kalimat. Pikiran kita akan menghapus kata ”JANGAN” tersebut. Sehingga orang akan membayangkan makna kalimat sebaliknya. Sebetulnya, yang berbahaya itu bukan kata ”JANGAN”nya, melainkan kata-kata berikut yang mengikuti kata ”JANGAN”.
Sekarang coba anda pejamkan mata anda. Tenangkan diri anda. Bernafaslah secara perlahan sampai perasaan anda lega dan relaks. Ulangi terus hingga seluruh badan anda terasa relaks. Bayangkanlah anda melihat seekor monyet yang berkaki empat. Dan saya minta anda ”JANGAN membayangkan monyetnya berwarna merah”. Warna apa yang anda bayangkan? Pasti warna merahkan.
Sekarang, coba anda baca sekali lagi kata-kata diatas. Dan bayangkan di dalam pikiran anda. Kata-kata apa yang muncul dalam pikiran Anda? Pikiran anda akan menghapus kata ”JANGAN” sehingga kata-kata diatas akan menjadi seperti di bawah ini…..
anarkis
rasis
bawa petasan dan benda lain yang membahayakan
bawa botol minuman
menghina
mengintimidasi
menganiaya
suap
rusuh
melempar
Apa komentar anda setelah melihat kata-kata yang sudah terhapus kata ”JANGAN”nya? Tentu saja kata-kata yang dihasilkan sungguh mengerikan. Coba bayangkan apabila kartu ini diberikan kepada setiap suporter kesebelasan. Efeknya dapat anda bayangkan sendiri. Wajar saja bila selama ini suporter sepakbola Indonesia terkenal ganas dan nekad.
Mungkin salah satu jalan keluarnya. Adalah mengganti kata-kata yang ada di kartu tersebut dengan kata-kata yang lebih baik. Kita doakan dengan tulisan ini dapat membantu penonton sepakbola Indonesia merasa lebih nyaman menonton di stadion. Sehingga sepakbola benar-benar menjadi sebuah pertunjukkan yang sangat menarik. Tidak kalah dibandingkan dengan liga Eropa.
Penulis : Daniel Kurniawan
Sumber  : topmotivasi.com


Twitter Delicious Facebook Digg Favorites More