blocknotinspire.blogspot.com berisi Kumpulan Business Ethics, Business Tips, Inspire Spirit, Leadership and Culture , Love and Life, Management HR, Motivasi Spirit, Smart Emotion, Success Story, Tips Keuangan, Tips Marketing dan Tips Sehat Semoga Bisa Menjadikan Anda lebih SUKSES dari hari kemarin.
Kunjungi Versi Mobile KLIK http://blocknotinspire.blogspot.com/?m=1 atau ( KLIK DISINI )

Menjaga Kesehatan dan Daya Tahan Tubuh

Hampir semua orang tahu bahwa sehat itu mahal. Dan tidak ada yang menginginkan dirinya jatuh sakit. Kadang kita tak peduli dengan apa yang ada dalam diri kita apakah sehat semua. Ketika kita jatuh sakit barulah kita menyadari betapa sangat berartinya sehat dibandingkan dengan hal-hal berarti yang lain. Tapi apakah diri kita tahu apa yang dimaksud dengan kata SEHAT dalam pengertian sebenarnya. Banyak yang memberikan definisi tentang arti sehat, salah satunya adalah definisi SEHAT menurut WHO dan UU Pokok Kesehatan no 9 tahun 1960 adalah suatu keadaan sejahtera sempurna fisik, mental dan social yang tidak terbatas pada bebas dari penyakit atau kelemahan saja. Jadi sehat itu bukan berarti hanya bebas dari penyakit saja tapi bebas dari keadaan lain yang telah disebutkan diatas.


Perlukah Konsumsi obat dan vitamin setiap hari?
Banyak orang mempunyai pandangan bila ingin sehat maka kita harus mengkonsumsi obat-obatan dan vitamin. Padahal obat-obatan itu harus atas rekomendasi dari dokter karena ada bahaya besar bila kita sembarangan mengkonsumsi obat-obatan yaitu bahaya resistensi dan keracuanan obat pada tubuh kita karena tubuh kita dijejali dengan obat-obatan yang makin lama makin luas cakupan dan efek sampingnya. Alangkah bijak kalau mulai sekarang kita berusaha membatasi penggunaan obat tanpa konsultasi dan resep dokter. Bagaimanapun, pencegahan tetap lebih baik dari pada pengobatan.

Bagaimana Untuk mencegahnya?
Pencegahan yang paling baik dimulai dari diri kita sendiri.
Apa yang dimaksud dengan dari kita sendiri? Maksudnya adalah kita mulailah mengenali tubuh kita sendiri dan menerapkan perilaku hidup sehat. Bangunlah komunikasi yang baik dengan tubuh kita. Dengan berkomunikasi yang baik dengan tubuh kita maka kita akan semakin mengetahui apa sebenarnya kemauan dari tubuh kita sendiri.

Cara berkomunikasi dengan tubuh kita?
Bagaimanakah cara belajar berkomunikasi baik dengan tubuh kita? Awalilah dengan memahami semua tanda-tanda atau signal dari tubuh kita sendiri dan mulailah dengan segera menanggapi segala tanda-tanda atau signal yang muncul.

Tanda-tanda atau signal itu sebenarnya sering muncul dalam diri kita. Cuma kadang kita tidak menyadari. Ambil contoh tanda-tandanya adalah rasa ngantuk,, rasa lapar, pusing-pusing dan mual-mual serta panas.
Seringkali ketika muncul tanda lapar di tubuh kita, dengan santainya kita abaikan tanda-tanda tersebut dengan berbagai dalih sedang sibuk rapat, tidak sempat sarapan pagi atau dengan pedenya kita bilang “Lagi Tidak Mood Makan”. Padahal itu adalah tanda-tanda yang kita harus segera respon ke tubuh kita sendiri. Akibatnya dalam jangka lama mulailah tubuh kita mulai dihinggapi gejala penyakit seperti sakit lambung  dan pusing kepala. Akhirnya kita mulai tergantung pada konsumsi obat-obatan, yang sebenarnya bila kita cepat merespon tubuh kita tidaklah perlu sampai tubuh kita dipenuhi dengan obat-obatan. Jadi makanlah disaat perut kita terasa lapar.

Selain itu juga kita mulailah memperhatikan kapan tubuh kita perlu istirahat karena organ tubuh kita semua perlu relaksasi untuk dapat fit kembali di esok harinya.

Bagaimana cara beristirahat yang baik? Apakah dengan tidur berlama-lama seharian? Atau tidak beraktifitas apapun seharian? Banyak praktisi kesehatan bilang kita harus tidur kurang lebih 8 jam per hari. Yang paling penting sebenarnya adalah kualitas tidur bukannya lamanya jam tidur. Mengapa tidur itu penting? Karena saat kita tidur nyaman, tanpa kita sadari mulailah didalam tubuh kita melakukan perbaikan-perbaikan terhadap jaringan yang rusak dan membersihkan sel-sel yang rusak di dalam tubuh kita.Sehingga dengan kualitas tidur yang kurang baik maka cepat atau lambat tubuh kita mulai mengalami gangguan daya tahan tubuh sehingga mempermudah bermunculan terjadinya gangguan penyakit. Kadang kita berusaha memperbaiki kualitas tidur kita dengan memakan obat baik obat kimia atau tradisional, padahal obat tersebut hanya untuk membantu sementara bukan untuk memperbaiki kulitas tidur kita.

Bagaimana cara tidur yang baik?
Pertama siapkanlah diri kita untuk mudah mengantuk. Bila anda susah tidur, anda dapat menyiasatinya dengan melakukan olahraga ringan pada waktu sore hari hari sehingga diharapkan malam harinya tubuh kita menjadi mengantuk.

Kedua hindari kebiasaan makan berbentuk makanan padat menjelang tidur di malam hari.Karena makan makanan padat menjelang tidur akan mengganggu kulitas tidur dan harusnya organ tubuh kita bagian perut beristirahat maka mereka harus bekerja untuk melumat dan mencerna makanan serta  tidak ada waktu tubuh melakukan perbaikan sel-sel tubuh kita yang rusak.Akibatnya begitu Bangun tidur, bukannya kita menjadi segar tetapi menjadikan tubuh kita terasa lelah.

Ketiga hindari minum yang terlalu banyak menjelang saat tidur.

Keempat janganlah lupa untuk berdo’a kepada Tuhan Yang Maha Esa agar esok diberikan kenikmatan kesehatan yang lebih baik lagi.

Lalu perbanyaklah untuk mengkonsumsi makan makanan secara benar.Karena ada beberapa ahli kesehatan berpendapat mengatakan bahwa sumber penyakit paling banyak diawali dari bagian perut .Artinya hal ini berkaitan dengan konsumsi makanan yang kita konsumsi.

Makan bukan berarti kita harus kenyang di saat kita habis makan.Makan yang dimaksud adalah kita punya tujuan makan yaitu memberikan asupan gizi yang lengkap dan seimbang ke dalam tubuh kita.

Bagaimana cara makan yang benar?
Makan yang benar adalah berhenti makan sebelum kita kenyang.Jumlah makanan yang kita makan tentunya kebutuhan berbeda antara orang gemuk dengan orang kurus.Perbanyaklah makan buah dan sayur segar dan sudah dicuci dengan bersih.Karena dengan mengkonsumsi buah dan sayur segar secara bersih maka kita tidak perlu lagi dalam keadaan sehat mengkonsumsi vitamin dalam bentuk kimiawi.Karena buah dan sayuran segar sangatlah banyak mengandung vitamin dan mineral yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita selain karbohidrat,lemak dan protein.Kunyahlah makanan dengan baik.Karena hal ini sangat menentukan cepat atau lambatnya makanan tersebut diproses dalam tubuh kita.

Perbanyak minum air. Kebutuhan air dalam sehari kurang lebih 2-2,5 L/hari.Kira-kira jumlahnya adalah 8 gelas air.Alangkah lebih baik kalau kita lebih banyak minum air putih.Hindari minum beralkohol, soda, kopi dan es terutama sehabis makan.

Olahraga janganlah dilupakan.Karena kegiatan ini sangat banyak bermanfaat buat kebugaran dan kesehatan organ tubuh kita.

Jadi, jangan tunda lagi! Lakukan kegiatan ini karena pencegahan lebih baik dari pada pengobatan. Kenalilah tubuh anda dan sayangilah tubuh anda. Rasakanlah manfaatnya. Semoga hidup anda menjadi lebih baik dari sekarang. Amin!

Oleh : Mohammad Wahyu Sudrajat


Twitter Delicious Facebook Digg Favorites More