blocknotinspire.blogspot.com berisi Kumpulan Business Ethics, Business Tips, Inspire Spirit, Leadership and Culture , Love and Life, Management HR, Motivasi Spirit, Smart Emotion, Success Story, Tips Keuangan, Tips Marketing dan Tips Sehat Semoga Bisa Menjadikan Anda lebih SUKSES dari hari kemarin.
Kunjungi Versi Mobile KLIK http://blocknotinspire.blogspot.com/?m=1 atau ( KLIK DISINI )

Kepemimpinan Di Tahun 2011 (2)

Setiap manusia dilahirkan untuk menjadi pemimpin. Dan setiap orang memiliki situasi yang berbeda dalam mengaplikasikan dirinya sebagai pemimpin dalam kehidupannya. Di jaman yang sudah disebut sebagai era serba tehnologi ini maka seorang pemimpin dituntut harus dapat menjadi seorang pemimpin yang strategis, dinamis dan juga mau untuk membuka diri. Bila tetap berpegang pada pendirian yang tidak lagi sesuai dengan perkembangan jaman yang ada maka kita tidak bisa mengatakan bahwa kita adalah seorang pemimpin yang mempertahankan akan keunggulan kompetitif di setiap keadaan dan kondisi.


Beberapa waktu yang lalu saya pergi ke luar daerah untuk urusan pekerjaan. Daerah yang saya kunjungi bukanlah wilayah yang konvensional atau belum tersentuh teknologi, melainkan suatu daerah yang cukup berkembang dan sangat di minati oleh wisatawan dalam negeri. Tetapi pola kepemimpinan yang dimiliki oleh sang pemimpin di daerah tersebut, sekalipun putra daerah, tetapi beliau memiliki prinsip kepemimpinan yang mencerminkan pemimpin masa depan. Kepemimpinannya memiliki prinsip-prinsip yang memang seharusnya di miliki seorang pemimpin yang mau untuk berkembang dan tentu saja disenangi oleh anak buah/karyawannya.

Suatu ketika saya sempat berbincang-bincang dengan beliau, saya menanyakan tindakannya yang menurut saya sangat “low profile” dan patut diteladani….pada waktu itu saya melihat seorang warga yang sedang mengalami masalah / kesusahan datang ke rumah beliau, dan beliau menyediakan rumahnya sebagai tempat tinggal sementara warga yang sedang mengalami masalah tersebut. Saya bertanya, mengapa beliau melakukan hal tersebut? Maka beliau menjawab bahwa sebagai seorang pemimpin, dia memiliki tanggung jawab untuk memberikan pertolongan kepada warga yang membutuhkan pertolongan. Hati saya sungguh terkejut dan terkesan dengan sikap Bapak ini. Bagi saya dia adalah seorang pemimpin sejati yang memikul tanggung jawab dengan benar, bukan sekedar pemimpin karena jabatan dan ambisi belaka.

Pemimpin di tahun 2011, di era modern ini, membutuhkan figure yang bukan hanya mementingkan posisi dan jabatannya saja, tetapi seperti yang sudah saya kemukakan di artikel sebelumnya bahwa kedudukan seorang pemimpin harus memandang bahwa posisi yang dipegang merupakan suatu pelayanan atau amanat atau misi yang menyangkut banyak orang , apakah itu warga disekitarnya, anggota timnya, karyawan, dan juga keluarga dari para karyawannya. Sehingga posisi/jabatan yang dia emban merupakan suatu posisi/jabatan yang penuh tanggung jawab dan bisa di pertanggung jawabkan. Karena itu seorang pemimpin yang dapat dikatakan modern dan dapat menjadi panutan bagi pemimpin yang lain dan dapat dikatakan pemimpin masa depan atau pemimpin tahun 2011 adalah ketika dia memiliki prinsip-prinsip sebagai seorang pemimpin .

Prinsip-prinsip yang mutlak yang harus di miliki seorang pemimpin adalah :
1). Mengerti diri sendiri dan selalu berbuat untuk perbaikan diri sendiri;
2). Menguasai keahlian teknis;
3). Mempunyai tanggung jawab dan bertanggung jawab;
4). Mengambil keputusan yang matang dan tepat waktu;
5). Menjadi peran/role model bagi karyawannya;
6). Mengenal karyawan dan memperhatikan kesejahteraannya;
7). Membuat anggota selalu mendapat informasi yang mereka perlukan;
8). Menumbuhkan rasa tanggung jawab;
9). Menjamin bahwa tugas-tugas dapat dimengerti;
10). Melatih anggota-anggota sebagai tim;
11). Menggunakan sepenuhnya kapabilitas organisasi.

Dengan memiliki hal-hal tersebut yang diterapkan dalam menjalankan tugas tiap-tiap hari, maka diharapkan seorang pemimpin akan memberikan dampak yang positif dan membawa seluruh anggota tim, karyawan ataupun warga yang dipimpinnya mencapai tujuan dan cita-cita bersama.
Sumber : vibizmanagement.com


Twitter Delicious Facebook Digg Favorites More