blocknotinspire.blogspot.com berisi Kumpulan Business Ethics, Business Tips, Inspire Spirit, Leadership and Culture , Love and Life, Management HR, Motivasi Spirit, Smart Emotion, Success Story, Tips Keuangan, Tips Marketing dan Tips Sehat Semoga Bisa Menjadikan Anda lebih SUKSES dari hari kemarin.
Kunjungi Versi Mobile KLIK http://blocknotinspire.blogspot.com/?m=1 atau ( KLIK DISINI )

Kepemimpinan Di Tahun 2011 (1)

Bila kita membaca judul di atas maka ada sesuatu yang menggelitik di hati kita, mengapa? Tiap-tiap kita ingin tahu apa kira-kira yang akan terjadi di tahun 2011 yang merupakan tahun yang menunjukkan suatu era kemajuan teknologi dan penuh dengan perubahan. Segala sesuatu pasti dituntut serba cepat dan sigap. Bukan hanya para pekerja atau karyawan yang dituntut untuk siap menghadapi tantangan dan perubahan di tahun 2011, tetapi juga para pemimpin.


Berbicara mengenai seorang pemimpin, yang dimaksud disini bukanlah pemimpin yang sekedar memiliki bakat atau warisan jabatan menjadi seorang pemimpin. Pada masa-masa yang lalu, kepemimpinan kebanyakan mengandalkan bakat dan pengalaman yang ada dalam diri mereka secara personal. Hal itu tidak salah…tetapi seorang pemimpin yang dapat tetap eksis dan berhasil menghadapi berbagai-bagai perubahan adalah seorang pemimpin yang mau terus belajar dan meningkatkan kompetensi yang dimilikinya beserta seluruh anggota timnya untuk dapat memenangkan kompetisi yang semakin ‘liar’.

Lalu, bagaimanakah seharusnya seorang pemimpin menghadapi tahun 2011?
1. Seorang pemimpin sangat penting untuk mempertahankan keunggulan kompetitifnya dalam segala keadaan sekalipun melalui waktu-waktu yang krisis. Dia harus dapat segera mengatasi setiap permasalahannya untuk mencapai pertumbuhan perusahaan dalam jangka panjang. Setiap pemimpin pasti menemukan kesulitan dalam memimpin sebuah tim. Sehebat apapun pemimpin itu pasti ada saat-saat tertentu dimana ia akan mengalami kesulitan dalam masa kepemimpinannya. Apakah kesulitan itu berasal dari internal maupun dari eksternal.
2. Memiliki keterampilan canggih, tidak ‘gatek’ melainkan menguasai teknologi sesuai perkembangan jaman. Karena teknologi dan informasi berperan sangat penting untuk memenangkan persaingan.
3. Mampu mengambil keputusan dengan cepat dan tepat, dan segera melakukan eksekusi yang memang sangat penting untuk dilakukan. Apalagi tantangan dan perubahan pasti akan semakin cepat, maka diperlukan kemampuan untuk bertindak cepat dan akurat.
4. Memiliki ‘communication skill’ dan ‘relationship’ yang baik, untuk mendapatkan sebanyak banyak nya support dan ‘net working’.
5. Mampu membangun kerjasama tim dan mengembangkan kemampuan tim, menjadi pemimpin yang mendorong kemajuan anak buah bagi pencapain tujuan organisasi.

Karena itu dapat dikatakan bahwa seorang pemimpin di tahun 2011 adalah seorang yang bersedia untuk terus belajar dan karena itu ia harus bersedia mendengar masukan dari orang lain; sosok yang berorientasi bahwa jabatan / posisi yang ia duduki lebih bersikap pada pelayanan karena menganggap hidup ini misi dan bukan karier dan menjadikan ukuran keberhasilan mereka bukan pada uang dan kedudukan serta gelar apalagi pujian melainkan pada bagaimana bisa menolong orang lain dan memikul beban akan kemajuan perusahaan dan kebutuhan karyawan atau anak buahnya.

Memiliki prinsip dan juga memiliki wajah yang menyenangkan dan memancarkan energi yang positif akan membangkitkan semangat orang lain dan menggerakkan orang lain untuk bangkit sama-sama memajukan perusahaan. Memang sepertinya aneh, tetapi bila kita meninjau kembali lebih dalam lagi maka seorang pemimpin yang hanya berorientasi pada kedudukan dan materi semata-mata dan tidak memikirkan akan situasi sekitar, selalu memancarkan energi yang negatif, maka ia akan membuat banyak orang diam dan tidak berkembang. Hal tersebut berdampak negatif terhadap kemajuan perusahaan. Namun sebaliknya, kepedulian terhadap tim, terhadap lingkungan kerja, dan sikap positif yang selalu terpancar dari seorang pemimpin, akan menggerakkan setiap anggota tim dan lingkungan di sekitarnya untuk bergerak dengan antusias mencapai cita-cita yang telah ditetapkan
Sumber : vibizmanagement.com


Twitter Delicious Facebook Digg Favorites More