blocknotinspire.blogspot.com berisi Kumpulan Business Ethics, Business Tips, Inspire Spirit, Leadership and Culture , Love and Life, Management HR, Motivasi Spirit, Smart Emotion, Success Story, Tips Keuangan, Tips Marketing dan Tips Sehat Semoga Bisa Menjadikan Anda lebih SUKSES dari hari kemarin.
Kunjungi Versi Mobile KLIK http://blocknotinspire.blogspot.com/?m=1 atau ( KLIK DISINI )

Robert Ballard, Penemu Kapal Titanic

Tenggelamnya kapal Titanic begitu menggemparkan. Peristiwa naas yang terjadi pada 14 April 1912 itu memakan korban lebih dari 1.500 orang. Banyaknya korban terjadi karena Titanic merupakan kapal mewah berukuran besar. Dibangun dengan kemegahan dan kepongahan, kapal raksasa itu harus menemui ajalnya gara-gara menabrak gunung es!


Di mana tepatnya Titanic tenggelam? Tak ada yang tahu. Pencarian yang berlangsung berpuluh-puluh tahun tak membuahkan hasil. Banyak ahli mencoba menelusuri kira-kira di mana bangkai Titanic, namun tak satu pun yang berhasil.

Kesulitan pencarian itu justru menarik minat peneliti dan profesor bidang kelautan bernama Robert Ballard. Berkat kesabaran, ketelitiannya, dan minatnya yang tinggi ia berhasil menemukan bangkai Titanic pada tahun 1985. Penemuan itu membuat popularitas Titanic kembali mencuat sampai melahirkan ide dibuatnya film Titanic kembali yang mencapai sukses luar biasa.

Robert Ballard lahir di San Diego, California pada 30 Juni 1942. Ayahnya seorang keturunan Inggris sedangkan ibunya berdarah Jerman. Ketertarikannya pada dunia kelautan terjadi setelah ia membaca novel klasik Twenty Thousand Leagues Under the Sea karya Jules Verne yang diterbitkan tahun 1869.Hasratnya itu main mencuat karena ia tinggal di dekat pantai. Mungkin karena ia sering membayangkan apa yang terjadi di dasar lautan terdalam seperti yang digambarkan novel itu.

Ballard mulai berhubungan dengan kelautan ketika bekerja di Andreas Rechnitzer's Ocean Systems Group untuk proyek milik North American Aviation tahun 1962. Pekerjaan itu didapat karena ayahnya bekerja di institusi itu (North American Aviation) sebagai teknisi kepala program misil.Sambil bekerja ia tetap melanjutkan kuliah dan pada tahun 1965 lulus dari di University of California, Santa Barbara bidang kimia dan geologi. Ia masih menempuh pendidikan di beberapa universitas di bidang kelautan hingga mendapat gelar PhD bidang geologi kelautan dari University of Southern California.

Sambil kuliah, ia juga menjalani pendidikan militer yang membuatnya bekerja sebagai tentara dan baru pensiun tahun 1995. Di militer pun ia ditempatkan di bagian kelautan. Bahkan ketika ia mulai tertarik pada bidang arkeologi kelautan, ia juga mendapat dukungan pendanaan dari militer. Hanya saja ketika proposal pencairan Titanic-nya diajukan, pihak Angkatan Laut AS tak menerimanya karena itu di luar tugas militer. Namun akhirnya proposalnya disetujui dengan syarat, Ballard harus melakukan pencarian dua kapal AL AS dulu yang tenggelam tahun 1960-an. Ini misi rahasia yang harus diselesaikannya terlebih dahulu. Setelah itu, petualangan memburu Titanic bisa ia jalankan yang berhasil dengan penemuan bangkai kapal raksasa itu.
Sekarang dunia mengenal Robert Ballard sebagai seorang ahli kelautan jempolan yang tiada duanya. Bahkan disebut-sebut, dialah ahli kelautan yang paling banyak melihat dasar laut terdalam dibanding para ahli lainnya. Selain penemuan bangkai Titanic, ia juga menemukan kapal kuno hampir utuh di Laut Hitam, dan penemuan-penemuan bangkai kapal kuno lainnya.
Sumber : andriewongso.com


Twitter Delicious Facebook Digg Favorites More